Dampak Teknologi

By Associate Professor Jarot S. Suroso

Secara esensial, Teknologi memiliki dampak dalam tiga bidang yang signifikan dari lingkungan bisnis, antara lain :

  • Teknologi berdampak pada sebagai business enabler. Apa yang bisa dilakukan oleh teknologi untuk mendukung bisnis perusahaan. teknologi telah dikembangkan untuk meng-capture, menganalisa, setiap proses dari data dan informasi yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan. Teknologi juga sudah menjadi enabler utama dalam berbagai lini produksi dan service process. Saat ini Teknologi sudah menjadi kompetensi utama dalam suatu proses bisnis. Ada beberapa hal yang ditimbulkan dalam peningkatan penggunaan teknologi dalam perusahaan seperti adanya anggaran yang bertambah, adanya peningkatan keberhasilan/kegagalan, serta adanya peningkatan kebutuhan akan kontrol.
  • Teknologi secara significant berdampak pada control process. Meskipun tujuan dari pengendalian adalah biasanya bersifat konstan, untuk beberapa teknologi spesifik, teknologi diubah dalam prosesnya untuk mengetahui sistem mana yang harus dikontrol.
  • Teknologi memiliki dampak bagi profesi Audit, dalam hal bagaimana proses audit dapat dilakukan (menangkap dan menganalisa informasi). Selain itu berpengaruh terhadap pengetahuan yang dibutuhkan auditor untuk menarik kesimpulan mengenai efektivitas operasional atau sistem, efisiensi dan integritas. Pada awalnya dampak IT difokuskan pada proses perubahan yang terjadi, namun seiring dengan berjalannya waktu dibutuhkan keahlian khusus terkait dengan IT. Untuk itu muncul profesi baru yang terkait dengan IT auditor.