Pentingnya Integritas, Reliability, Validity

Associate Professor Jarot S. Suroso, Ph.D

Organisasi saat ini beroperasi dalam lingkungan global dengan berorientasi pada kolabrasi tim. Organisasi sangat  tergantung pada aliran informasi yang datang tepat waktu dan akurat. Hampir sebagian besar ahli telekomunikasi percaya bahwa network harus mampu menjangkau siapa saja kapan saja dan dimana saja dan mampu mendukung proses sharing informasi mulai dari hal yang paling simple seperti suara, data, text massages sampai transaksi coorporate. CEO (Chief Executive Officer) dan CIO (Chief Information Officer) ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal melalui adanya availability data yang tinggi, fast response time, extreme reliability, dan tingkat keamanan yang tinggi.

 

Hal ini berarti bahwa produk yang disediakan IT untuk customer mereka harus memiliki kualitas yang baik, penuh dengan konten informasi, dilengkapi dengan paket-paket yang membantu untuk memenangkan persaingan bisnis. Flexible manufacturing dan improvement program seperti Just In Time (JIT) dan Lean Manufacturing dan Total Quality management (TQM) akan membantu menurunkan biaya produksi. Flexible manufacturing akan akan membantu menghasilkan produk yang dibuat secara ekonomis dengan jumlah yang banyak dengan proses produksi yang bersifat modular. Untuk mencapai sistem yang diharapkan seperti excellent product quality,dan low cost, Organisasi akan menggunakan jaringan, team oriented, pendistribusian dalam pengambilan keputusan, Serta pendekatan organisasi yang lebih terintegrasi secara vertikal ketimbang pendekatan secara tradisional serta melakukan kontrol terhadap sistem yang ada.

 

Dari apa yang sudah dilakukan diatas perusahaan akan memiliki jaringan distribusi yang terbaik, selain itu perusahaan juga akan memiliki pasokan untuk proses produksi yang selalu tersedia dari seluruh perusahaan yang ada di seluruh dunia. Selain itu jaringan juga dapat menghubungkan perusahaan dengan customer. Untuk itu maka sangat diperlukan Integritas, Reliability, Validity dari sistem yang ada.

 

Multi-enterprise nature juga akan memungkinkan organisasi untuk merespon competitiveness yang ada dengan skala yang diperlukan. Selain itu disaat yang sama perusahaan dapat mengurangi biaya dan resiko secara bersamaan. Dengan jaringan yang ada tim akan dapat bekerja secara berkolaborasi meskipun berada dalam waktu dan lokasi yang berbeda.