Why Control and Audit are Important

By Associate Professor Jarot S. Suroso

Kontrol dan Audit terhadap IT (Information Technology) merupakan salah satu mekanisme yang penting untuk memastikan integritas dari sebuah sistem Informasi dan bahan laporan bagi departemen keuangan (Finance) untuk menghindari dan mencegah masalah financial seperti yang terjadi pada perusahaan Enron dan WorldCom. Keadaaan Ekonomi Global makin terpuruk dibandingkan kondisi sebelumnya, ditambah lagi dengan adanya dampak geopolitical  dunia. Saat ini Infrastruktur yang ada dan pasar terintegrasi dalam sebuah proses yang terjadi diseluruh dunia. Untuk itu perlu dilakukan kontrol dan audit IT secara global yang mungkin sebelumnya belum pernah terjadi.

Jika dilakukan Inisialisasi, IT audit atau yang dulu sering disebut dengan EDP (Electronic Data Processing) berkembang sebagai bentuk perpanjangan dari Audit tradisional. Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan audit berasal dari beberapa kebutuhan, antara lain :

  • Auditor menyadari bahwa saat ini komputer memiliki peranan penting terhadap kemampuan mereka dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Coorporate dan information processing management mengakui bahwa PC/Komputer merupakan salah satu Kunci untuk berkompetisi di dalam lingkungan bisnis yang sama pentingnya dengan sumber daya bisnis yang berharga lainnya dalam organisasi. Untuk itu kebutuhan kontrol dan audit IT merupakan hal yang sangat penting.
  • Professional Associations dan Organisasi lain serta pemerintah mengakui pentingnya kebutuhan untuk melakukan IT kontrol dan audit.