Memahami Bisnis

Tugas pertama dan utama yang merupakan tanggung jawab eksekutif lain dalam jajaran direksi adalah mempelajari dan memahami secara menyeluruh dan mendetail bisnis yang digeluti perusahaan. Kalau dahulu manajemen inti cukup mempelajari semua komponen internal perusahaan (khususnya sehubungan dengan produk-produk atau jasa-jasa yang ditawarkan), saat ini hal tersebut tidaklah cukup.

Persaingan yang begitu cepat dan lingkungan bisnis yang sangat dinamis mengharuskan eksekutif perusahaan untuk selalu memantau dan mempelajari aspek-aspek di luar perusahaan (eksternal) secara intens dan terusmenerus, terutama yang berkaitan dengan perilaku pasar (market) dan pelanggan. Setidak-tidaknya untuk dewasa ini ada tujuh cara yang terbukti efektif untuk mempelajari hal internal dan eksternal perusahaan. Ketujuh cara tersebut adalah:

  • Memiliki armada SDM yang secara berkala mempelajari keadaan pasar dan komponen eksternal lainnya;
  • Mempelajari secara mendalam proses-proses penciptaan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan;
  • Mengundang bagian-bagian lain dalam perusahaan untuk berdiskusi secara berkala;
  • Menghadiri seminar-seminar yang berhubungan dengan industri terkait;
  • Membaca secara aktif publikasi-publikasi yang berkaitan dengan produk, jasa, dan industri dimana perusahaan yang bersangkutan berada;
  • Menjadi anggota forum-forum bisnis maupun akademis terkait; dan
  • Menjalin komunikasi aktif dan konsisten dengan para manajer lini perusahaan.