PENERAPAN STRATEGI IT PADA INDUSTRI MEDIA TELEVISI

Pada zaman sekarang penerapan Teknologi tidak hanya terjadi di media cetak, sedangkan di sisi lain, ada teknologi yang terus berkembang dan berubah pesat di industri media, yaitu media elektronik (televisi) dan media baru (online). misalnya, baru akan menerapkan siaran televisi digital secara menyeluruh.

Saat ini yang sudah dilakukan adalah tahap uji coba. Hampir semua stasiun TV penyiaran, mulai dari TVRI sampai TV swasta nasional, kini telah memanfaatkan sistem teknologi penyiaran dengan teknologi digital. Khususnya pada sistem perangkat studio untuk memproduksi program, melakukan penyuntingan, perekaman, dan penyimpanan data. Pengiriman sinyal gambar, suara dan data telah menggunakan sistem transmisi digital dengan menggunakan pemancar. Sistem transmisi digital melalui pemancar ini menggunakan standar yang disebut DVB-T (Digital Video Broadcasting Terestrial).

Dari hasil uji coba siaran digital TV, teknologi DVB-T mampu memultipleks beberapa program sekaligus. Enam program siaran dapat dimasukkan sekaligus ke dalam satu kanal TV berlebar pita 8 MHz, dengan kualitas cukup baik. Di samping itu, penambahan varian DVB-H (handheld) mampu menyediakan tambahan sampai enam program siaran lagi, khususnya untuk penerimaan bergerak (mobile). Hal ini sangat memungkinkan bagi penambahan siaran-siaran TV baru.

NET. sebagai media televisi yang berumur sangat muda, menyadari bahwa televisi masih menjadi media utama bagi masyarakat Indonesia untuk mencari informasi dan hiburan. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media di Indonesia juga terhitung tinggi , dan oleh karena itu, NET. yang saat ini tercatat sebagai perusahaan media yang bergerak di bidang penyiaran televisi menyadari telah memiliki tanggung jawab besar bagi Indonesia.

Wujud tanggung jawab besar terhadap Indonesia tercermin dari tiga misi utama NET. yaitu memberikan tayangan yang kreatif, inovatif dan berkualitas melalui berbagai platform. Kontribusi yang positif yang diberikan NET. ini tercermin dalam kualitas program maupun gambar yang dapat disaksikan. NET. memberikan kualitas gambar terbaik dengan menggunakan teknologi Full High Definition (Full HD) dari hulu ke hilir, dan juga memiliki kapabilitas produksi in-house yang menjamin kualitas konten terbaik di program-program yang kami hadirkan. Studio news yang NET. miliki merupakan studio terbesar dan terbaik di Asia Tenggara dan menjadi televisi pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi digital, Full HD, tapeless, New Media & Social Media Ready.(Toha)