IT STRATEGY APPLICATION IN A COMPANY

Menurut pengalaman saya penerapan strategi teknologi informasi pada perusahaan saat ini sudah mulai banyak digunakan. Efisiensi waktu dan biaya merupakan salah satu alasan kenapa banyak perusahaan merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja kantoran maupun usaha. Dengan adanya strategi teknologi informasi akan membuat perubahan pada kebiasaan kerja yang lebih teratur. Misalnya dulu saya pernah ikut belajar tentang penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP yaitu suatu aplikasi sistem yang mencakup manajemen dalam perusahaan. ERP bisa juga kita gunakan untuk tempat usaha sehingga lebih cepat dan teratur dalam mengerjakan segala hal.

Ada beberapa strategi teknologi informasi yang saya ketahui contohnya itu Capture, Processing, Generating, Storage, Retrival dan Transmission. Kebanyakan pada perusahaan strategi teknologi informasi tidak selalu pada kasus yang penting saja. Strategi teknologi informasi pada perusahaan merupakan proses manajemen yang terdiri dari standar pengembangan dan pelaporan, semuanya dibuat dalam suatu rencana, proses dan kebutuhan dari kebanyakan perusahaan. Sepengetahuan saya strategi teknologi informasi itu diperlukan untuk pengetahuan mengenai teknologi baru , dilibatkan dalam perencanaan taktis dan strategis, dibahas dalam diskusi perusahaan dan cara memahami kelebihan dan kekurangan teknologi.

Dalam lingkungan perusahaan, hubungan antara strategi perusahaan dan manfaat penggunaan teknologi informasi dikembangkan melalui perencanaan, analisa dan perancangan. Bisa kita pahami pada ligkungan seperti strategi teknologi informasi memiliki pengaruh terhadap strategi kompetitif perusahaan. Semakin luasnya teknologi informasi di lingkungan perusahaan maka semakin terlihat tidak ada lagi pemisahan antara strategi teknologi informasi dan strategi kompetitif perusahaan.

Strategi teknologi informasi merupakan batasan pembuatan keputusan untuk tindakan yang akan dilakukan perusahaan tapi dapat juga menghentikan dengan cepat dalam menentukan tindakan yang kita tentukan tersebut. Kegiatan ini merupakan hal mendasar yang perlu diperhatikan pada strategi teknologi informasi. Strategi teknologi informasi merupakan keharusan yang menguasai pembuatan keputusan bagi user dan proses data profesional. Biasanya merupakan bentuk aturan framework untuk kegunaan strategi teknologi informasi dalam perusahaan dan menjelaskan bagaimana seseorang yang cukup berpengaruh pada perusahaan akan berhubungan langsung pada strategi teknologi informasi perusahaan tersebut.

Perencanaan strategi teknologi informasi diperlukan untuk perusahaan agar dapat mengenali target terbaik untuk melakukan pembelian dan penerapan manajemen dan menolong untuk memaksimalkan hasil dari investasi pada bidang teknologi informasi. Strategi teknologi informasi yang dibuat berdasarkan informasi yang baik bisa membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk melakukan rencana kedepannya dan merealisasikan pencapaian target bisnis. Menurut saya penerapan dari teknologi informasi untuk menentukan strategi perusahaan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan performa bisnis.

Dengan semakin berkembangnya peranan teknologi informasi dalam dunia bisnis, maka menuntut banyak perusahaan untuk menghasilkan strategi teknologi informasi yang layak dan mendukung kegiatan perusahaan. Perubahan yang terjadi adalah dengan diterapkannya strategi teknologi informasi untuk memenuhi tuntutan  yang menghasilkan teknologi informasi yang mendukung kegiatan perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan dunia bisnis, peningkatan strategi teknologi informasi dalam perusahaan menjadi tantangan serius bagi pihak pihak perusahaan saat ini. (Ryan)