PENERAPAN SISTEM INFORMASI ERP PADA PERUSAHAAN IDF

IDF memiliki tiga buah kriteria untuk memilih platform sistem informasi yang akan digunakan pada perusahaan yaitu reliability, scalability, dan kemudahan management. Dari kriteria tersebut digunakan IBM i Series sebagai platform hardware yang digunakan denan operating system IBM oS/400 dan database Db2 karena dianggap dapat membantu dalam memaksimalkan kinerja ERP yang mereka gunakan.

Software yang mereka gunakan adalah SAP (System Application and Product in Data Processing) lebih tepatnya adalah SAP R/3 versi 4.6C sebagai software untuk menjalankan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang digunakan pada perusahaan IDF.

Berikut ini adalah divisi yang menggunakan sistem ERP dan fungsi ERP pada divisi tersebut:

  1. Financial:
    1. Financial Accounting (FI): menyediakan data profitabilitas dan kinerja keuangan perusahaan berdasarkan transaksi internal dan eksternal.
    2. Controlling (CO): Pengendalian capital investment, pengendalian pendanaan, pengendalian biaya dan profit dari semua aktivitas perusahaan dan pengendalian aktivitas keuangan perusahaan dan merencanakan pembayaran.
    3. Investment Management (IM): analisa kebijakan investasi jangka panjang dan asset perusahaan.
    4. Treasury (TR): mengintegrasikan antara cash management dan cash forecasting dari aktivitas, logistic, dan transaksi keuangan.
    5. Enterprise Controlling (EC): memberikan informasi bagi enterprise controller kepada information warehouse mengenai kondisi keuangan perusahaan, hasil dari perencanaan dan pengendalian perusahaan.
  2. Logistics
    1. Logistics Execution (LE): pengaturan logistic dari purchasing hingga distribusi.
    2. Sales and Distribution (SD): membuat struktur data untuk merekam, menganalisa, dan mengontol aktivitas dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan.
    3. Materials Management (MM): membantu manajemen dalam mengelola aktivitas harian.
    4. Plant Maintenance (PM): mengontol pemeliharaan peralatan dan bangunan.
    5. Production Planning dan Inventory Control (PP): merencanakan dan mengendalikan jalannya material sampai dengan proses pengiriman barang.
    6. Quality Management (QM): menyediakan data berdasarkan dari ISO-9000 series.
    7. Project System (PS): mendukung perencanaan proyek terhadap waktu dan value.
  3. Human Resources: membantu memudahkan aktivitas manajemen dalam hal penghitungan gaji, benefit, dan biaya yang berkaitan dengan SDM perusahaan, membangun sistem rekruitmen dan mengembangkan SDM melalui manajemen karir.
    1. Personel Management (PA)
    2. Peronel Time Management (PT)
    3. Payroll (PY)
    4. Training and Event Management (PE)
    5. Organizational Management (OM)
    6. Travel Management (TM) (Jason)