PENERAPAN STRATEGI TI DALAM PERUSAHAAN ASURANSI

Strategi TI adalah suatu perencanaan yang menerapkan teknologi informasi sebagai sarana yang membantu mempercepat kinerja operasional perusahaan untuk jangka panjang. Dalam pengimplementasian teknologi informasi pada suatu perusahaan, perlu dilakukan pertimbangan terlebih dahulu dengan membuat perencanaan yang matang dan tepat agar implementasi teknologi informasi sesuai dengan target bisnis perusahaan jangka panjang dan menghindari resiko kerugian cost yang tinggi jika tanpa dilakukannya perencanaan.

Salah satu contoh yang bisa diambil yaitu dalam perusahaan Asuransi. Penerapan strategi TI dalam perusahaan asuransi sangat perlu dilakukan dalam mempercepat dan mempermudah kinerja operasional perusahaan. Dalam lingkup perusahaan asuransi, peran TI sangat membantu perusahaan dalam menjalankan operasionalnya seperti dengan penerapan aplikasi TI salesforce berbasis online, para sales dan pekerja dalam perusahaan dapat mencari prospek bisnis kepada client secara online sehingga memudahkan pekerja untuk tetap terhubung kepada pelanggan kapanpun dan dimanapun. Penerapan aplikasi TI salesforce berbasis mobile juga bisa diterapkan agar lebih memberikan kemudahan akses pihak client terkait informasi asuransinya dan dapat dipantau melalui perangkat mobile (smartphone, tablet maupun laptop) sehingga client dapat mengakses dari mana saja meskipun sedang ada diluar kota.

Di sisi lain, resiko dari implementasi TI ini juga bisa saja terhambat. Penyebabnya antara lain pengaruh budaya yang sudah biasa dengan proses lama, mungkin masih banyak pekerja yang tidak suka atau malas mengikuti cara baru. Maka dari itu perlu dilakukan perencanaan strategi TI yang jelas dan matang dalam menangangi situasi ini. (ida)