Aplikasi ERP-SAP dalam Perusahaan

SAP merupakan salah satu aplikasi ERP yang paling besar di dunia yang biasa digunakan oleh programmer. Software ini digunakan untuk mengembangkan dan mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan mereka secara efisien dan efektif yang berhubungan dengan IT.SAP pada dasarnya memiliki 4 jenis modul :(1). FICO (Financial Controlling); (2)..SD (Sales & Distribution); (3) MMPP (Material Management, Production Planning); (4)..HR (Human Resources).

PT.PL adalah perusahaan yang bergerak pada bidang packaging dengan kata lain pembungkus suatu produk. Perusahaan ini selain membungkus produk secara langsung juga menjual hasil setengah jadi kepada perusahaan lain dan juga telah memiliki banyak kerja sama antar perusahaan, sehingga produk yang diproduksinya pun cukup rumit dalam meminta berbagai pesanan dari perusahaan lain maupun pelanggan. Maka dari itu PT.PL menerapkan SAP pada sistem produksinya yang dapat disebut dengan modul MMPP. Namun produk SAP yang diterapkan oleh perusahaan tidak berdiri sendiri melainkan dengan cara outsourcing dari perusahaan luar negri sehingga bagian data-data untuk penerapan SAP itu sendiri bersifat sangat privasi dan hanya beberapa karyawan yang dapat mengakses data-data tersebut.

SAP yang bergerak pada perusahaan memiliki banyak data yang berbentuk tabel hingga puluhan ribu yang tidak dapat dijelaskan secara satu persatu. Dari data yang di analasis secara perlahan, penerapan SAP ini membantu pergerakan produksi perusahaan secara efektif dan efisien yang memotong banyaknya pembuangan waktu yang dipakai perusahaan. Penerapan SAP di perusahaan ini sangat menyita biaya bagi pihak perusahaan dan masih sangat awam di kalangan karyawan dikarenakan kurangnya pengetahuan dan ahli yang tersedia didalam perusahaan. Pihak perusahaan juga sangat menyelektif dalam memilih karyawan yang mengurus bagian penerapan SAP.(Bagas)