IT Strategy Application in PT.EMS

  1. EMS merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang outsourcing dan training tenaga kerja dan telah berdiri sejak tahun 2004. IT strategy application yang diterapkan pada perusahaan ini adalah mereka mengembangkan sebuah bisnis atau anak perusahaan baru sebagai solusi atas permasalahan payroll yang mereka alami. PT. SAGE merupakan anak perusahaan dari PT.EMS yang didirikan pada tahun 2016 lalu. PT. SAGE merupakan bentuk realisasi dari IT Strategy Application yang diterapkan oleh PT.EMS untuk mengatasi masalah payroll yang mereka alami saat itu.

Sebelum PT.EMS membuat PT.SAGE sebagai solusi atas masalah payroll, mari kita sebut saja PT.EMS  menggunakan jasa software “X” yang harus dibayarkan per waktu tertentu. Tentunya biaya software payroll “X” tersebut menjadi biaya berkelanjutan yang ingin dihilangkan oleh pemilik PT.EMS. Dengan pikiran itu, beliau, kita sebut saja Bapak “AA” mengembangkan IT Strategy Application bersama dua orang rekanannya untuk membuat suatu aplikasi payroll yang berfungsi selain untuk menyelesaikan masalah biaya berkelanjutan software payroll “X” yang saat itu masih digunakan oleh PT.EMS  juga dapat dijadikan sebagai suatu peluang bisnis baru bagi PT.EMS .

Tentunya sudah lazim bahwa perusahaan – perusahaan berskala menengah keatas yang memiliki jumlah pegawai ratusan hingga ribuan menggunakan jasa outsourcing yang umumnya dilaksanakan pada bidang tenaga kerja. Namun selain itu, outsourcing dalam hal payroll juga merupakan hal yang umum pada mayoritas perusahaan tersebut. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan – perusahaan tersebut dapat fokus pada bisnis utama mereka dan tidak perlu repot – repot mengurus perihal payroll. Oleh karena itulah, bisnis jasa payroll memiliki prospek yang cukup bagus untuk kedepannya, karena akan menjadi hal yang dibutuhkan oleh mayoritas perusahaan – perusahaan berukuran menengah keatas.