Penggunaan Strategi IT di BINUS Higher Education

BINUS Higher Education merupakan bagian dari lembaga pendidikan Bina Nusantara, yang berarti membina nusantaran dengan membina dan memberdayakan masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih maju. BINUS University telah dinilai berdasarkan sejumlah kriteria termasuk infrastruktur, dosen tetap berkualitas, metode pengajaran yang inovativ dan sesuai dengan visi dan misi.

Demi mewujudkan visi dan misi yang dimiliki oleh BINUS, maka penerapan strategi Informartion and Technology (IT) tidak luput dari perhatian. Untuk mendukung aktivitas perkuliahan di BINUS, terdapat berbaga macam inovasi IT yang diterapkan, diantaranya : BinusMaya, Library and Knowledge Center, Learning Management System, Mobile Apps. Salah satu perubahan yang dilakukan oleh BINUS adalah proses absensi yang dilakukan hanya dengan tapping kartu mahasiswa pada mesin yang ada di setiap kelas. Dengan menggunakan metode seperti ini BINUS akan menghemat kertas dan membantu melestarikan lingkungan, tidak hanya itu para mahasiswa dan dosen juga dipermudah karena tidak perlu antri dan berebutan kertas absensi. Absen hanyalah salah satu dari inovasi yang sudah diterapkan di BINUS. Berikutnya BINUS menggunakan media pembelajaran yang disebut BinusMaya, yang merupakan sebuah aplikasi terpadu yang memadukan semua elemen belajar mengajar ke dalam website. Pada website ini mahasiswa bisa mendapatkan materi perkuliahan, jadwal, status keuangan, serta berbagai fitur yang mendukung mahasiswa untuk menjadi lebih reproduktif.

Demi menjaga kualitas dari mahasiswa yang ada BINUS menerapkan suatu strategi Knowledge Management yang disebut Library and Knowledge Center (LKC). Dengan adanya mahasiswa dpat dengan mudah mengakss berbagai buku, jurnal, majalah, dan thesis sehingga dapat lebih memahami pelajaran serta mningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada menggunakan hal-hal yang sudah dipelajari. Demi mempersiapkan BINUS untuk menjadi Universitas yangmempunyai daya saing tinggi, maka diterapkan sebuah metode pembelajaran yang disebut Binus Online Learning. Metode pembelajaran ini memadukan penggunaan teknologi dan juga niat untuk belajar mahasiswa. Dengan metode pembelajaran ini BINUS menjembatani para pekerja yang tidak memiliki waktu untuk menghadiri kelas setiap hari untuk tetap dapat belajar dan menuntun ilmu setinggi-tingginya. Dengan aplikasi Learning Management System, mahasiswa BINUS Online Learning dapat belajar dan berinteraksi dengan dosen maupun teman sekelas, dengan perbedaan tidak ada tatap muka secara langsung. melainkan dengan video conference (Vicon). Dengan metode ini maka setiap mahasiswa dapat belajar selayaknya tatap muka, dan juga dapat berinteraksi secara aktif. Metode Online Learning ini memungkinkan mahasiswa menjadi lebih kompeten dalam pekerjaanny, karena dapat bekerja sambil mempraktekkan hasil ilmu yang didapat.

Tidak berhenti disitu, BINUS juga sudah bekerja sama dengan Nvidia yang merupakan perusahaan dalam bidang IT terutama Graphics Processing Units (GPU) untuk menciptakan sebuah Artificial Intelligence (AI) Research and Development Center guna mempersiapkan mahasiswa BINUS untuk bersaing di jenjang global.(Andy)