Desirable and Acquirable Attitudes, Habits and Behaviors (DR. IR. JAROT S. SUROSO, M.ENG.)

Setiap Entrepreneure memiliki karakteristik yang menjadi bawaan dalam dirinya untuk menjadi pelaku usaha yang handal, dan pelaku usaha yang sukses akan bersinergi dengan karakteristik dan kecerdasannya pada orang-orang yang dilingkungan sekitarnya. Karakteristik tersebut bukan hanya menetap disatu orang saja namun bisa dipelajari oleh orang-orang yang ingin menjadi pengusaha melalui pengalaman dan pembelajaran yang bersifat terus-menerus. Riset menunjukan bahwa ada tiga alasan mendasar yang menjadi keberhasilan new venture.

1. Respon positif terhadap tantangan dan kesalahan

Dalam proses pengembangan new venture akan melewati banyak tantangan sebagai hambatan yang menguji seberapa handal kah pemain baru yang masuk dalam dunia kompetisi bisnis. Kesalahan dalam melakukan tindakan mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks sangat mungkin terjadi, maka perlu adanya sistem evaluasi yang dibentuk oleh team leader untuk menjaga alur proses perkembangan new venture. Sehingga kesalahan yang terjadi dan hambatan yang dating akan menjadi tantangan dalam setiap respon positif yang dimunculkan.

2. Inisiatif pribadi

New venture memerlukan penggalian opini kreatif yang besar untuk bisa bersaing dengan pesaing-pesaing yang sudah lebih dulu memulai usahanya. Maka pemimpin new venture perlu bersinergi dengan tim agar setiap individu dalam tim dapat berpartisipasi aktif untuk memberikan ide.

3. Ketekunan

Hambatan, masalah, persaingan, dan intervensi sudah pasti hadir dalam setiap proses usaha. Maka perlu adanya ketekunan terhadap komitmen untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan.