Penerapan Strategi di Perusahaam Manufaktur

Perkembangan dan kemampuan yang terus meningkat dalam dunia telekomunikasi sekarang ini menciptakan tren yang terus berkembang dimana hal-hal yang biasa dilakukan di komputer juga kemudian dilakukan di perangkat mobile. Termasuk di dalamnya kegiatan bertransaksi melalui internet sehingga munculah istilah M-Commerce (Mobile Commerce).

Pengertian Mobile Commerce, menurut Turban (2012), Mobile Commerce atau bisa disebut m-business adalah sebuah kemampuan untuk melakukan bisnis dengan menggunakan perangkat mobile.

Lebih lanjut, menurut Turban mobile commerce memiliki beberapa kelebihan antara lain:

  • Ubiquity: Pertukaran informasi dapat dikirimkan kapan saja dan dimana saja selama adanya akses internet.
  • Convenience: Fungsi dan kegunaan yang semakin banyak dengan bentuk fisik yang tetap kecil membuat orang pada kebanyakan lebih nyaman dalam melakukan akses internet menggunakan perangkat mobile dibanding platform lain.
  • Interactivity: Dibanding komputer desktop. Perangkat mobile lebih interaktif.
  • Personalization: Sifat perangkat mobile yang personal memungkinkan informasi yang dikirimkan kecustomer bisa disesuaikan dengan masing-masing individu.
  • Localization: Kemampuan perangkat mobile untuk memberi tahu lokasi memungkinkan informasi yang dikirim bisa disesuaikan dengan lokasi customer.

Sedangkan menurut Niranjanamurthy (2013), dibanding e-commerce konvensional, mobile commerce memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Convenience: Bentuk perangkat yang relatif praktis dibawa menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi.
  • Flexible Accessibility: Pengguna dapat memilih kapan dan melalui apa saja ia dapat dijangkau.
  • Easy Connectivity: Selama ada sinyal jaringan maka perangkat mobile dapat digunakan untuk melakukan transaksi.
  • Personalization: Pengguna bisa bebas melakukan pengaturan dalam melakukan transaksi.
  • Time Efficient: Tidak perlu lagi melakukan set up seperti pada komputer.

Pengertian Mobile application, menurut Turban (2012), Mobile application juga biasa disebut dengan mobile apps, yaitu istilah yang digunakan untuk medeskripsikan aplikasi internet yang berjalan pada smartphone atau piranti mobile lainnya. Aplikasi mobile biasanya membantu para penggunanya untuk terkoneksi dengan layanan internet yang biasa diakses pada sebuah personal computer.

Hubungan antara Mobile Commerce dengan Mobile Application sebagai solusi cerdas membangun bisnis online.

Pelaksanaan dari bisnis online melalui aplikasi yang di sajikan oleh program yang mendukung bisnis mulai dari penawaran produk, pemberian informasi dan cara pembayaran serta lainnya yang terkait dengan bisnis, oleh karenanya kegiatan bisnis tersebut haruslah dapat memperhatikan hal-hal yang menjadi perhatian diatas. Perusahaan bisnis hendaknya memperhatikan konsep penting mengenai hadirnya mobile apps sebagai solusi dari kegiatan mobile commerce yaitu selalu mengedepankan kebutuhan pelanggan.