People Innovation Excellence

Service Oriented Analysis and Design

By Ahmad Nurul Fajar
Jakarta, March 7, 2016

Service Oriented Analysis and Design (SOAD) adalah Paradigma pengembangan sistem berorientasi layanan. Analisis berorientasi service (service oriented analysis) adalah proses untuk menentukan bagaimana otomatisasi kebutuhan bisnis dapat direpresentasikan melalui analisis berorientasi service. Analisis berorientasi service (service oriented analysis) adalah proses untuk menentukan bagaimana otomatisasi kebutuhan bisnis dapat direpresentasikan melalui analisis berorientasi service.BPM (Business Process Management) dapat memfasilitasi banyak keuntungan bagi pelaku bisnis.BPM dapat membantu mensinergikan IT dan Bisnis dalam lingkup organisasi enterprise, sehingga organisasi dapat beradaptasi terhadap perubahan bisnis yang semakin cepat dengan dinamika yang tinggi. Pendekatan BPM adalah pendekatan yang dapat membantu organisasi dalam merespon perubahan secara fleksibel.BPM dapat berfungsi sebagai jembatan/bridging Bisnis dan IT secara bersama sama untuk merespon perubahan bisnis yang dinamis dan tidak dapat diprediksi perubahannya.

Sedangkan desain berorientasi service (service oriented design) adalah suatu proses dimana desain physical service dihasilkan dari kandidat-kandidat logical service dan kemudian di assembly menjadi abstract composition yang diimplementasikan dalam proses bisnis.Penerapan SOAD dalam lingkungan sistem enterprise dapat membantu pengembang sistem untuk meminimalisasi cost, effort dan time development. Selain itu, SOAD dapat mendukung pengembangan sistem untuk adaptif dan merespon perubahan yang dinamis


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close