People Innovation Excellence
 

E-commerce and Electronic Funds Transfer

By Associate Professor Jarot S. Suroso

E-commerce (electronics commerce) dan Electronic Funds Transfer (EFT) membuka generasi baru terhadap sistem pembayaran. Mereka sudah ada sejak tahun 1960. Dalam industri perbankan, yang dianggap menjadi sebuah pelopor dalam penggunaan komputer adalah dengan adanya e-commerce. Industri perbankan dimulai dengan mekanisme pembukuan dan accounting task, automatic transaction flows, implementasi teknologi Magnetic Ink Character Recognation (MICR) , dan puncaknya dengan adanya online terminal untuk meng-update depositor’s account dan merekam  receipt atau  pencairan tunai. Kemajuan komputer dan teknologi komunikasi telah mendorong pertumbuhan teknologi ini dalam 20 tahun terakhir. Hal ini terlihat dari banyaknya konsumen yang saat ini lebih akrab dan percaya dengan transaksi elektronik. Jika kita perhatikan saat ini transaksi elektronik/pembayaran elektronik sudah sangat biasa di kalangan masyarakat, hal ini dibarengi dengan kemampuan masyarakat yang semakin melek terhadap teknologi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close