CORPORATE IT STRATEGY

Saya bekerja sebagai programmer pada PT. PID dimana, PT. PID adalah perusahaan yang menyediakan aplikasi solusi bisnis berupa ERP, HRIS, dan payroll services. Perusahaan berdiri sejak 1996 dengan jumlah karyawan lebih dari 200 orang dan  klien aktif lebih dari 70 perusahaan dari berbagai industri dengan skala menengah sampai besar, beberapa klien besarnya seperti ACE, Lippo, Ciputra, Matahari, Hero, Kalbe, Siloam, OT Group, BCA Finance dan Sampoerna.

Produk unggulan dari PT. PID itu sendiri adalah HRIS, dimana dengan menggunakan HRIS akan memberikan efektifitas dan produktivitas karyawan itu sendiri, karyawan menjadi lebih mudah dalam mengajuan cuti, ijin, dinas, training, penilaian kinerja, penilaian kompetensi, pengajuan lembur, medikal klaim, benefit klaim, dan lainnya. Untuk perusahaan yang menggunakan HRIS memperoleh kemudahan dalam proses penggajian, mulai dari perhitungan gaji, proses gaji ke bank sampai pengiriman slip gaji secara rutin kepada karyawan yang dapat meningkatkan loyalitas karyawan, dimana karyawan merupakan stakeholder penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Perusahaan juga menjadi lebih mudah dalam proses perekrutan mulai dari pendaftaran, seleksi sampai perjanjian kerja, seluruhnya dikelola menggunakan HRIS.

Mengapa perusahaan yang menggunakan HRIS adalah perusahaan-perusahaan dengan skala menengah sampai besar? Itu dikarenakan perusahaan dengan skala seperti itu memiliki karyawan yang sangat banyak dan tidak mungkin dapat ditangani dengan baik tanpa adanya teknologi informasi yang membantu prosesnya, coba dibayangkan jika perusahaan sekelas Sampoerna yang memiliki karyawan/buruh mencapai 30,000 orang melakukan perhitungan gaji/upah secara manual atau sistem sederhana seperti excel, itu akan memakan banyak waktu dan biaya tentunya, itu baru persoalan penggajian, belum persoalan pengajuan cuti, lembur, klaim medikal, kehadiran/ attendance yang merupakan proses sehari-hari karyawan, butuh banyak sekali staff HRD untuk menanganinya jika tidak menggunakan HRIS. Oleh sebab itu perusahaan-perusahaan besar berani melakukan investasi pada HRIS yang dimana terbilang tinggi. (Sutjahjo)