IT STRATEGY APPLICATION IN A COMPANY

Menurut pengetahuan saya strategi TI adalah suatu kebijakan atau perencanaan mengenai penerapan suatu aplikasi TI didalam suatu perusahaan. Pada dasarnya perusahaan dalam mengembangkan sesuatu tentu memerlukan suatu startegi. Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer saat ini penerapan TI pun perlu memerlukan suatu strategi. Strategi ini berfungsi sebagai perencanaan mengenai langkah-langkah penerapan.

Yang pertama harus disiapkan dalam penerapan TI adalah mempersiapkan visi dan misi dari perusahaan tersebut. Dengan mengetahui visi misi maka kita akan bisa mengolah suatu aplikasi yang sesuai dengan visi misi perusahaan. Selain mengetahui visi misi kita juga harus melihat dan mempersiapkan sumber daya yang ada dalam organisasi. Dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dalam organisasi kita bisa mengatur pembuatan aplikasi sesuai dengan perusahaan tanpa harus menjelaskan secara detail karena sumber daya dari internal tentu sudah mengenal perusahaan.

Setelah mengetahui visi misi perusahaan dan mengenal sumber daya dalam organisasi maka kita juga harus melihat resiko-resiko yang mungkin terjadi didalam perusahaan akibat penerapan aplikasi tersebut didalam perusahaan. Menurut pengetahuan saya seringkali resiko yang sering muncul adalah orang yang akan menggunakan aplikasi tersebut merasa keberatan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Sebelum terjadi pertentangan ini ada baiknya perusahaan mempersiapkan suatu strategi untuk menangani hal ini.(William)