Seven Themes of Desirable and Acquirable Attitudes and Behaviors (DR. IR. JAROT S. SUROSO, M.ENG.)

  • Commitment and determination

Pada point ini sikap yang diinginkan hadir pada seorang entrepreneur adalah tangguh dan tegas dalam mengambil keputusan dan mampu berkomitmen dengan keputusan yang telah diambil. Menghadirkan diri secara intensif untuk berkomptesi agar dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan. Kegigihan dan disiplin diperlukan untuk menyikapi setiap hambatan dan masalah yang hadir dalam proses mencapai visi.

  • Courage

Pintar saja tidak cukup, seorang entrepreneur perlu memiliki moral yang baik dalam berkomunikasi secara internal maupun eksternal. Kemampuan meredam rasa takut dalam menghadapi konflik diperlukan agar tahan terhadap hambatan, sehingga dapat menjadi tauladan bagi team-member dalam proses penyelesaian masalah. Maka perlu adanya peningkatan pengetahuan terhadap risk management guna manajerial yang baik terhadap berbagai jenis masalah.

  • Leadership

Menjadi pemimpin bukan berarti menggurui dalam proses pengambilan penyelesaian masalah. Pemimpin menjadi highlight dalam proses penyelesaian masalah, hadirnya ketauladanan yang baik dapat bersikap bijaksana terhadap masalah yang sedang dihadapi bersama, bersinergi bersama tim dan memperlakukan tim sebaik sebagaimana memperlakukan diri sendiri. Kesuksesan entrepreneur biasanya memiliki pengalaman yang sangat mapan.

  • Opportunity obsession

Untuk mengetahui peluang-peluang yang terdapat pada market diperlukan pengetahuan dan sikap yang kritis terhadap lingkungan masalah serta kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan melekatnya pengetahuan terhadap pengidentifikasian masalah maka akan ada kesempatan besar untuk mendapatkan peluang pasar sehingga dapat meningkatkan nilai venture dimata customer dan consumer.

  • Tolerance of risk, ambiguity, and uncertainty

New venture sangat identik dengan ketidakpastian karena belum banyak teruji dari sisi proses bisnis. Perlu adanya upaya keras untuk memberikan citra yang baik bahwa venture yang sedang dikembangkan memiliki nilai-nilai yang baik untuk memenuhi kebutuhan consumer. Dalam setiap keputusan memiliki besar dan kecilnya resiko, maka perlu hadirnya pengetahuan risk management untuk meminimalisir resiko dan mengukur toleransi ketidakpastian terhadap hasil dari keputusan yang eksekusi.

  • Creativity, self-reliance, and adaptability

Tidak mudah bagi new venture sebagai pendatang baru untuk memasuki pasar baru yang terdapat banyak competitor tangguh yang sudah lebih dulu bermain. Kreativitas menjadi hal yang penting untuk dihadirkan dalam produk atau jasa yang dilempar ketarget pasar, walau bukan menjadi yang terpenting tapi kreativitas yang tinggi membantu new venture untuk beradaptasi dalam kondisi-kondisi yang tidak stabil.

  • Motivation to excel

Ide terbaik dan tim terbaik tidak menjamin new venture dapat menjadi pemenang dalam kompetisi perebutan pasar jika tidak memiliki motivasi untuk berprestasi. Dukungan dari leader terhadap team-member begitu penting untuk saling bersinergi mencapai visi yang telah ditetapkan.