Abstract: Melakukan segmentasi pelanggan dalam meningkatkan strategi bisnis yang mencakup strategi pemasaran dan penjualan menjadi sangat penting di perusahaan layanan telekomunikasi. Strategi bisnis yang cerdas menggunakan sistem Business Intellegence (BI) dan sistem device management yang diimplementasikan di perusahaan telekomunikasi untuk menyusun strategi marketing akan membantu dalam segmentasi pelanggan tidak terkecuali di PT. XYZ sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi. Dengan mengaplikasikan sistem device management maka pengelolaan data device mencakup kapabilitas, aplikasi, fitur dan subcription pelanggan dapat digunakan dan diintegrasikan dengan data-data dari perangkat lain untuk mendapatkan segmentasi pelanggan sehingga dapat diciptakan suatu strategi pemasaran dan penjualan yang tepat dan sesuai dengan kapabilitas device yang dimiliki pelanggan. Permasalahan strategi pemasaran yang masih dialami banyak perusahaan telekomunikasi dimana seringkali memberikan promosi dengan mengirimkan blind promotion seperti SMS broadcast kepada pelanggan tentang penawaran berlangganan produk maupun fitur tertentu tanpa mengetahui jenis dan kapabilitas device yang digunakan oleh pelanggannya adalah kurang efektif dan tidak tepat sasaran. Dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini ditujukan untuk membantu PT. XYZ dalam mengevaluasi sistem BI melalui Automatic Device Management (ADM) yang penggunaannya belum optimal dalam membantu mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi departemen sales, marketing, dan Customer Relation Management (CRM) terkait segmentasi dan prediksi kebutuhan pelanggan sehingga proses pengambilan keputusan dalam penyusunan strategi pemasaran dan penjualan dapat lebih efektif, cepat, tepat sasaran. |