Industri dan lingkungan persaingan perusahaan
Setiap CIO harus memahami ritme dan tempo (speed) operasional di perusahannya. Karena setiap perusahaan mempunyai siklus rutinitas pekerjaan operasional, tempo, dan seasonalities sendiri-sendiri. Bahkan seringkali di dalam suatu perusahaan mempunyai juga tempo bekerjanya sendiri-sendiri.
Perusahaan penjualan retail misalnya, pada umumnya bekerja dengan tempo tinggi, mengejar akurasi penjualan dan inventory, serta pada setiap siklus tahunan penjualan pada akhir tahun, menjelang lebaran (Iedul fitri) volume penjualannya meningkat dengan tajam. CIO harus paham betul mengenai hal-hal tersebut di perusahaannya, ia harus sensitif dan memahami betul kecenderungan kesibukan koleganya. Dalam hal ini perlu dipahami benar bahwa tentu tidak tepat CIO memperkenalkan usulan baru pada saat yang kurang tepat, atau mengusulkan proyek baru padahal iklim investasi di perusahaan tersebut belum kondusif. Agar CIO bisa lebih “nyambung” kolega pimpinan perusahaan lain maupun para customer.