PENERAPAN STRATEGI TI PADA BANK DMN

DMN merupakan salah satu bank yang terbesar di Indonesia. DMN menyadari kebutuhan nasabah yang beragam sehingga DMN menyediakan berbagai produk dan layanan untuk nasabah seperti consumer banking, kartu kredit, SME & commercial, trade finance, treasury product, cash management, rencana keuangan dan layanan e-banking. Demi meningkatkan layanan terhadap nasabah DMN telah mengembangkan layanan perbankan secara elektronik untuk menunjang transaksi menjadi lebih mudah, aman dan nyaman.

DMN melakukan penerapan strategi TI untuk menunjang pelayanan dan transaksinya. Salah satunya dengan penggunaan intranet. Intranet digunakan untuk berkomunikasi dengan cabang-cabang Bank DMN. Komunikasi antar bank pada Bank DMN adalah sistem berbasis web yang disebut NCBS (New Core Banking System). Sistem ini digunakan untuk transaksi seperti transfer, tarik dan setor rekening, transaksi trade finance, data nasabah, informasi yang dibutuhkan oleh nasabah (fiture produk, saldo, dll).

Selain untuk pelayanan, DMN juga menggunakan intranet untuk sistem Employee Connection. Employee connection merupakan sistem yang digunakan oleh seluruh karyawan DMN untuk mengakses mengakses E-pay slip, daftar hadir, daftar absen, bahkan hingga key performance index bagi karyawan, dan Productivity Analysis. Dengan ini sistem informasi internal menjadi lebih tepat dan akurat bagi seluruh karyawan di seluruh cabang Bank DMN.

DMN juga menerapkan strategi e-business pada bagian marketing seperti promosi produk dan layanan, perencanaan produk, dll. Nasabah bisa mengakses website DMN untuk melihat informasi terbaru tentang produk dan layanan serta nasabah bisa melakukan pembukaan rekening secara digital melalui website tersebut. Sedangkan untuk yang sudah menjadi nasabah, DMN menyediakan layanan pembukaan rekening dan deposito melalui DMN Online Banking.(Citra)