Penerapan Strategi TI di Perusahaan AkzoNobel

AkzoNobel adalah perusahaan di bidang industri cat dan pelapis, divisi Sales fokus pada peningkatan penjualan. Permasalahan yang sering terjadi adalah Area Manager kurang mengawasi kegiatan harian dan performa penjualan dari Territory Officer karena belum adanya fasilitas pendukung. Kurangnya pengawasan pada dua hal ini menghambat kinerja divisi Sales karena tidak ada real time report yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga proses pengawasan dan respon atas perubahan performa dari Territory Officer melambat.

Sales Director dan Sales & Distribution Development Manager berencana untuk melakukan pengawasan dan peningkatan kinerja menggunakan aplikasi berbasis web yang akan diakses oleh Territory Officer. Terdapat dua tujuan utama dalam pengembangan aplikasi ini, yaitu pengawasan kegiatan harian lewat Territory Officer Daily Activity dan peningkatan kinerja pekanan dengan acuan dashboard lewat Territory Officer Weekly Dashboard.

Sales & Distribution Development Manager merekrut beberapa orang yang akan bekerjasama dalam tim untuk membuat aplikasi ini, posisi yang dibutuhkan adalah Project Manager, Business & System Analyst, Back-End Developer, Front-End Developer, dan Web Designer. Perencanaan awal dari pembuatan aplikasi ini adalah mengumpulkan dokumen terkait proses bisnis yang dilakukan dari tingkat Territory Officer, Area Manager, dan Regional Sales Manager lalu pembuatan prototype. Proses pembuatan prototype ini tidak terlepas dari user requirements pihak Territory Officer dan Area Manager karena kedua pihak ini yang akan banyak menggunakan aplikasi tersebut, prioritas utama dari pembuatan aplikasi ini adalah permintaan proses pengawasan dan peningkatan performa dari Sales Director dan Regional Sales Manager.

Report yang dihasilkan nantinya juga akan digunakan oleh tim Trade Marketing sebagai acuan data dalam penunjang data penjualan yang akan diolah dan dijadikan sebagai program KAP untuk membuat trigger peningkatan penjualan oleh toko dengan target yang ditentukan setiap tahun.(Rick)