IT Governance

Tata kelola meliputi “siapa, apa, kapan, mengapa dan bagaimana dari sebuah pengambilan keputusan”.

  • Accountable, jika sesuatu berjalan salah, siapa yang akan disalahkan.
  • Policies yang memandu bagaimana sebuah keputusan bisa dibuat (mengapa).
  • Pengukuran yang membuat sebuah pengambilan keputusan (bagaimana).
  • Pada poin apa keputusan tersebut dibuat (kapan).

Tata kelola perusahaan yang baik harus dilaksanakan oleh direksi, agar arah, prospek, dan risiko akibat dari kebijakan pimpinan perusahaan harus sudah dapat diprediksi sebelumnya. Di berbagai negara, kecenderungan tuntutan tata kelola organisasi terus meningkat, baik organisasi sektor publik / pemerintah / pelayanan umum maupun sektor bisnis). Tata kelola korporasi yang baik (good corporate governance) penting bagi para investor profesional. Penelitian McKinsey menyimpulkan bahwa para investor profesional cenderung bersedia membayar premi besar untuk investasi di perusahaan – perusahaan yang mempunyai standar tata kelola tinggi.(Jarot s suroso)