Pemanfaatan BIG data untuk Themis

Big data sangat marak dibicarakan sekarang ini, BIG data memberikan banyak manfaat terhadap hampir segala jenis bisnis. Akibat perkembangan teknologi dan bisnis sekarang ini yang begitu pesat, untuk memenangkan persaingan bisnis dibutuhkan pemanfaatan BIG data terhadap Themis.

  1. Themis Bizpro Integrasi atau yang biasa disebut Themis adalah perusahaan yang bergerak dibidang IT Consulting. Themis memberikan layanan implementasi software ERP(SAP Business One) beserta support. Divisi yang ada di Themis adalah Technical, Support & Implementor dan Administrasi beserta Sales and Finance yang juga masuk di divisi Support & Implementor.

Pemanfaatan BIG data untuk Themis:

  1. Pemanfaatan BIG data yang dapat digunakan oleh Themis adalah untuk absensi dengan menggunakan input yang di hasilkan dari CCTV, CCTV akan men-generate face recognition karyawan untuk nantinya menjadi unstructured data kehadiran karyawan.
  2. Berikutnya adalah dengan memasang sensor pada computer karyawan (Khusus Implementor), sensor tersebut dapat men-generate data jika karyawan menyalakan computer dan menghasilkan unstructured data terhadap absensi karyawan. Hal ini di perlukan karena kesibukan implementor yang tidak selalu harus dating ke kantor.
  3. Benefit berikutnhya yang dapat diambil adalah dengan menaruh sensor pada server dari client-client Themis, sensor tersebut dapat men-generate unstructured data akan adanya bugs pada SSAP yang nantinya dikirimkan ke server Themis dan kemudian akan membentuk support ticket yang langsung di assign kepada team support Themis.

Dari poin-poin diatas, pemanfaatan BIG data yang dapat dirasakan oleh Themis adalah efisiensi dan pengurangan biaya. Efisiensi dirasakan untuk karyawan yang tidak perlu tap untuk absen dan juga untuk client yang tidak perlu mengirimkan manual support tiket. Kemudian pengurangan biaya dapat di rasakan untuk penghitungan biaya allowance karyawan terhadap data absensi yang sebelumnya dapat di manipulasi karena kehadiran implementor yang tidak dapat dipastikan.