Web Tech : Social Media Marketing pada Organic Chic

Organic Chic (ON Chicken) adalah salah satu restoran cepat saji dengan olahan utamanya adalah ayam organic. Restoran ini berdiri sejak 2016 dan sudah memiliki 4 cabang di Pekanbaru. Sejak awal tahun 2018 terjadi penurunan penjualan di hampir setiap cabang. Hal ini tentu memberikan dampak bagi operasional restoran, dikarenakan penjualan dan pendapatan yang menurun sehingga dana yang akan digunakan untuk pemasaran menjadi terbatas. Metode pemasaran yang dilakukan hanyalah melalui direct marketing yaitu pemasaran langsung ke konsumen sehingga tidak cukup menaikkan penjualan. Sehingga diperlukan pemasaran yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu metode pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan social media marketing. Menurut Mangold dan Faulds (2009), social media marketing adalah pemasaran melalui social media atau social networking sites. Teknik ini digunakan untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, meningkatkan layanan konsumen, dan mengimplementasikan promosi pemasaran. Social media memungkinkan suatu bisnis untuk membangun hubungan dengan konsumennya dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan. Bisnis tentu ingin pesan mereka dapat menjangkau banyak orang. Untuk itu bisnis harus hadir di tempat konsumen banyak berada, dan saat ini konsumen banyak menggunakan social media (Cox, 2012).

Restoran cepat saji ON Chicken perlu memahami pengunaan social media marketing ini. Pada social media marketing mengandalkan word of mouth dan networking. Menurut Walsh dan Lipinski (2009), Word of mouth dari satu konsumen akan dijadikan rekomendasi bagi konsumen lainnya. Pemasaran word of mouth melibatkan segala hal yang diberikan untuk tujuan pemasaran, melibatkan orang dan social media mereka untuk pemasaran dan banyak lagi. Selain itu networking juga perlu dalam membangun hubungan dengan konsumen, sehingga makin luas networking kita maka akan semakin tinggi kemungkinan konsumen akan datang.

Social media memungkinkan restoran ini untuk pemasaran yang lebih baik karena tidak memerlukan anggaran yang besar, dan tidak perlu keahlian khusus dalam mengoperasikannya. Salah satu social media yang banyak digunakan untuk pemasaran adalah Facebook, Instagram dan Twitter. Namun tidak cukup hanya membuat akun Facebook, twitter ataupun Instagram dan posting atau mengecek seminggu sekali. Bisnis harus aktif berpartisipasi dan harus tahu strategi dalam melibatkan audience dan konsumen dan membangun hubungan yang akan menumbuhkan bisnis tersebut.