Kuliah Tamu Data Analytics in Fintech Industries: Monalisa Gosumolo

Gambar 1 Monalisa Gosumolo (berdiri tengah berjaket biru) bersama para Dosen dan Mahasiswa MMSI

Pada bulan April yang lalu tepatnya pada tanggal 16 April yang lalu. MMSI BINUS ini mengadakan acara kuliah tamu pada kelas Business Intelegence dan Analytics. Dalam acara kuliah tamu kali ini di adakan dengan mengambil tema yaitu: "Data Analytics in Fintech Industries". Dalam acara ini di ikuti oleh beberapa mahasiswa dan dosen MMSI

Dalam acara kuliah umum kali ini MMSI BINUS mengundang seorang tokoh yaitu Monalisa Gusmolo, terlihat di Gambar 1, seorang wanita muda sukses di bidang Data Science. Di mana dalam perjalanan karirnya beliau menjabat beberapa jabatan seperti: VP Of Data Analytics & Management di Merchant Group at Go-Jek serta Head of Data Science di PT. Midtrans. Sebelumnya beliau pernah mengenyam pendidikan di beberapa tempat seperti: National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) dan Univ Trisakti.

Pada kesempatan kuliah umum kali ini Monalisa memberikan dan menyampaikan hal terkait pengalaman beliau bekerja di bidang data science, merchant group GoJek yang dulunya Midtrans. Beliau juga menyampaikan goal of analytics, bidang-bidang data analytics, data engineering, reporting, product analytics. Hal yang terpenting pada persentasi beliau adalah pengalaman beliau membangun sistem pendeteksi fraud di sistem yang beliau, Bersama tim dibawah beliau, namankan aegis.ai dan sherlock graph. Sistem ini sangat ampuh mendeteksi fraud-fraud yang terjadi pada transaksi di merchant-merchant yang di manage oleh GoJek Merchant Group.
Kami mengucapkan terima kasih kepada Monalisa Gusomolo atas kunjungan dan waktunya dalam berbagi pengalaman di MMSI Binus.

Dilaporkan oleh: Riyanto Jayadi & Ria Maria

 

Riyanto Jayadi & Ria Maria