Berkenalan Dengan Ambient Intelligence

Apakah anda tahu apa itu Ambient Intelligence? Perkembangan teknologi semakin memberikan dampak positif kepada kemudahan di dalam melakukan berbagai aktivitas. Salaht teknologi yang sekarang sudah mulai dikenal oleh masyarakat adalah AmI atau Ambient Intelligence. Ambient Intelligence adalah sebuah elemen yang berasal dari komputasi yang luas dimana ia berperan untuk memberikan respon yang tepat terhadap manusia yang ada di lingkungan tersebut.

Ambient Intelligence menyediakan berbagai macam layanan otomatis yang sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Nantinya, AmI akan menerima input yang berasal dari suara, gerakan, maupun juga metode non-interupsi jenis lain. Elemen komunikasi Ambient Intelligence akan selalu aktif di dalam menerima input, baik dari manusia maupun variabel yang lainnya.

Artinya, cara kerja dari Ambient Intelligence adalah dengan mengenali suara maupun kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Anda hanya perlu melakukan perintah dengan satu sampai dua kata dan nanti perangkat ini akan langsung bekerja sesuai dengan yang anda inginkan.

Salah satu hal yang sering memanfaatkan Ambient Intelligence adalah berkaitan dengan keamanan rumah. Anda bisa memanfatkan teknologi yang sangat canggih ini untuk pengaturan rumah, kendaraan, bisnis, maupun juga bisa digunakan untuk menilai sebuah kondisi atau situasi. (Ducatel 2001)

Ada juga yang memanfaatkan Ambient Intelligence sebagai teknologi untuk mengirimkan data secara eksternal dan juga digunakan untuk melakukan fungsi manajemen. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan tentang apa saja komponen atau bagian-bagian yang terdapat di dalam lingkungan Ambient Intelligence.

Elemen Lingkungan Ambient Intelligence

Embeddedness

Kita tahu bahwa komputer bukanlah perangkat yang bisa bergerak secara mandiri sehingga ia harus digerakkan oleh sebuah program agar mampu menuruti apa yang kita perintahkan. Jadi, agar supaya komputer tersebut dapat bekerja tanpa kita ketik, maka ia harus ditanamkan sebbah sistem yang bernama AmI atau Ambient Intelligence tersebut. Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwasanya input yang akan diberikan adalah melaui suara manusia maupun variabel yang lainnya. Anda hanya perlu mengucapkan apa yang anda inginkan dan nanti AmI akan secara otomatis memprosesnya untuk kemudian menuruti perintah anda.Transparansi

Jika berbicara kata transparansi, maka biasanya yang ada di pikiran kita adalah “terbuka, atau tembus pandang”. Transparansi sebagai salah satu lingkungan Ambient Intelligence memungkinan seseorang untuk mengajukan pertanyaan apapun untuk bisa dicerna atau diproses oleh program tersebut. Salah satunya adalah meminta perangkat tersebut mencarikan sebuah kata kunci mengenai sesuatu yang ingin ia ketahui.

Kemudian AmI akan memprosesnya dan menunjukkan informasi tersebut sesuai apa yang diinginkan oleh sang pemberi input, atau dalam hal ini pemilik atau tuannya.

Kesadaran

Elemen lingkungan yang satu ini memungkinan program untuk mengumpulkan berbagai informasi yang diinginkan oleh pemberi input dalam waktu tertentu berdasarkan input atau kata kunci yang diberikan. Proses pengumpulan informasi tersebut dengan menggabungkan kinerja antara hardware maupun software yang akan langsung memproses data dengan melakukan analisis emosi, respon, dan lain sebagainya.

Pembelajaran Mesin

Kapasitas yang satu ini memungkinkan sebuah perangkat untuk belajar dari sebuah pengalaman. Nantinya, perangkat tersebut akan memperkirakan data yang diinginkan dan kemudian memperluas jangkauan data dan pengetahuan secara mandiri.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan seputar Ambient Intelligence atau AmI. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya.

Riyanto Jayadi

Daftar Pustaka

https://www.beritabebas.com/definisi/ambient-intelligence-ami/

https://www.igi-global.com/dictionary/ambient-intelligence-environments/1062

Ducatel, K., Bogdanowicz, M., Scapolo, F., Leijten, J. and Burgelman, J. C. 2001. Scenarios

for Ambient Intelligence in 2010. ISTAG Final Report. . (IPTS-Seville, 2001).