Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Artificial Intelligence

Tidak bisa kita pungkiri bahwa dunia teknologi semakin lama berkembang dengan pesat. Salah satu jenis teknologi yang saat ini sudah banyak digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia adalah Artificial Intelligence atau AI atau kecerdasaran buatan. Tidak sedikit para inovator yang seolah-olah berlomba untuk menciptakan sebuah Artificial Intelligence terbaik dan tercanggih karena memang sampai sekarang bidang ini masih memiliki banyal hal yang harus digali.
Bagi anda yang masih belum memiliki gambaran secara jelas tentang Artificial Intelligence, mungkin anda bisa menonton salah satu film terkenal Marvell yaitu Iron Man. Di dalam film tersebut terdapat sebuah program dari Artificial Intelligence yang bernama Jarvis dan kemudian juga ada Friday. Anda bisa melihat sendiri betapa canggihnya program tersebut yang selalu menyediakan informasi apapun yang dibutuhkan oleh Tony Stark.
Lalu sebenarnya seperti apa pengertian dari Artificial Intelligence? Artificial Intelligence merupakan sebuah sistem kecerdasan buatan yang nantinya akan disematkan ke dalam mesin. Tujuannya agar mesin tersebut bisa beroperasi atau berpikir dan bekerja selayaknya manusia pada umumnya. (Castrounis, A. 2017)

Salah satu contoh adalah komputer. Nantinya komputer bisa berperan sebagai sebuah entitas yang sangat cerdas dengan diberikan berbagai data di dalam database. Bukan hanya itu, komputer tersebut juga akan diberikan kemampuan untuk mempelajari, menganalisa, maupun juga mengembangkan data itu sendiri. Dengan begitu, komputer yang sudah disematkan Artificial Intelligence akan melakuakn perkiraan atau prediksi sehingga mampu membuat kesimpulan sendiri.
Kita tahu bahwa peran tersebut sudah ada pada Jarvis maupun Friday dimana mereka mampu memberikan, menganalisis, maupun juga mengembangkan data. Nah, komputer yang sangat cerdas seperti Jarvis atau Friday itulah yang diharapkan bisa menjadi penemuan yang paling berpengaruh dalam masa yang akan datang.

Sebenarnya untuk fungsi yang dimiliki oleh Artificial Intelligence cukup banyak. Hadirnya Artificial Intelligence dapat memberikan kemudahan dalam setiap pekerjaan manusia, mulai dari pemrosesan bahasa alami, menggerakkan, menalar, maupun juga memanipulasi objek. Selain itu, kehadiran Artificial Intelligence juga diharapkan mampu mengenali pengetahuan dan juga bisa melakukan pembelajaran sehingga pada akhirnya bisa mengembangkannya.
Jadi, kesimpulan dari fungsi yang ada pada Artificial Intelligence adalah agar supaya sebuah perangkat bisa memiliki kecerdasan yang setara atau bahkan lebih dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Dengan adanya Artificial Intelligence, maka nanti mansuai berperan sebagai pemerintah (seseorang yang memiliki perintah atau kendali). Kemudian, robot cerdas akan difungsikan sebagai perangkat untuk melaksankaan pekerjaan kasar. Robot cerdas tersebut nanti akan memiliki pengetahuan yang melebihi manusia karena nanti manusia hanya perlu menyebutkan atau memasukkan data dan kemudian sistem akan memprosesnya secara otomatis.
Salah satu contoh adalah Google. Google memiliki banyak sekali sumber pengetahuan padahal ia merupakan sebuah mesin pencari atau search engine. Di dalam sistem Google sudah ditanamkan sebuah kecerdasan yang nantinya akan menentukan sebuah sebuah hasil pencarian melebihi kata kunci yang diberikan. Tentu sistem Google sekarang sudah jauh lebih canggih dari yang dulu dan akan terus semakin canggih seiring dengan berjalannya waktu dan semakin majunya teknologi.

Apakah anda tahu apa saja yang menjadi contoh dari Artificial Intelligence? Satu contoh sudah kami sebutkan di awal yakni Google. Selain itu, masih ada beberapa contoh lainnya yang juga perlu anda ketahui.
• Siri, merupakan asisten sistem suara yang dibuat oleh Apple dan disematkan dalam ponselnya.
• Tesla, merupakan sebuah Artificial Intelligence yang berfungsi memberikan izin mobil agar berkendara otomatis.
• Alexa, asisten suara yang berasal dari perusahaan Amazon, dan lain sebagainya.

Riyanto Jayadi

Daftar Pustaka
1. Castrounis, A. (2017). Artificial Intelligence, Deep Learning, and Neural Networks, Explained. [online] Kdnuggets.com. Available at: http://www.kdnuggets.com/2016/10/artificial-intelligence-deep-learning-neural- networks-explained.html [Accessed 28 Sep. 2017].

2. The Official NVIDIA Blog. (2017). The Difference Between AI, Machine Learning, and Deep Learning? | NVIDIA Blog. [online] Available at: https://blogs.nvidia.com/blog/2016/07/29/whats-difference-artificial-intelligence- machine-learning-deep-learning-ai/ [Accessed 28 Sep. 2017].

3. Buchanan, Bruce G. (2005). "A (Very) Brief History of Artificial Intelligence" (PDF). AI Magazine: 53–60. Archived from the original (PDF) on 26 September 2007.
View publication.