ANALISA MINAT KONSUMEN JABODETABEK DALAM MELAKUKAN ONLINE BOOKING ANTRIAN BERDASARKAN TAM (Technology Acceptance Model)

Dewasa ini perkembangan aplikasi berbasis Web maupun Mobile Apps marak digunakan, fenomena ini dipengaruhi oleh tingginya penggunaan internet. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 171 juta jiwa di tahun 2019. Hal ini kemudian mendukung penggunaan smartphone dan akses internet. Dengan berkembangnya teknologi mobile apps pada smartphone zaman sekarang maka segala kebutuhan dapat diperoleh dengan mudah hanya melalui smartphone yang terkoneksi ke internet.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas sebuah platform aplikasi bernama Fitnesia. Aplikasi ini dapat diakses melalui Website maupun Mobile Apps pada Ios dan Android. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan proses booking online pada sejumlah tempat seperti tempat  olahraga, salon, spa, gym, studio ataupun barbershop.  Pengguna dapat melakukan pencarian, mengetahui harga, melakukan booking dan melakukan pembayaran hanya dengan satu aplikasi saja. Tentu dengan adanya aplikasi Fitnesia maka pengguna akan sangat dimudahkan untuk melakukan booking online, mengecek antrian, mengecek jam operasional ataupun hanya sekedar untuk mengecek harga. Kemudahan proses pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi, yaitu pengguna sebelumnya perlu melakukan top-up saldo yang dimana saldo akan otomatis terpotong apabila proses transaksi sudah selesai

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan memahami serta mengetahui faktor yang mempengaruhi diterimanya aplikasi Fitnesia oleh konsumen atau masyarakat berdasarkan Technology Acceptance Model khususnya ease of use, perceived of usefulness dan Intention to Use. Dengan adanya aplikasi Fitnesia akan memberi manfaat bagi pengguna khususnya dalam efisiensi waktu dimana pengguna dapat mengetahui segala informasi mulai dari lokasi, jumlah antrian maupun harga  sebelum memutuskan untuk membooking dan melakukan transaksi pembayaran. Selanjutnya kemudahan juga dapat dirasakan oleh partner yang bekerja sama dengan Fitnesia, dimana para mitra dari Fitnesia dapat mempromosikan tempat mereka pada platform Fitnesia. Pada masa kini penggunaan internet dapat mempermudah aktivitas sehari – hari, dengan hadirnya aplikasi Fitnesia maka turut membantu pengguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mudah dan cepat. Efisiensi waktu dan kemudahan menjadi pertimbangan utama bagi setiap pengguna layanan. Dampak lain dari penggunaan aplikasi Fitnesia dapat menimbulkan kebiasaan baru bagi pengguna untuk melakukan pemesanan tempat dengan booking online.

 

By: Hendrico Andre, Pangondian Prederikus & Gunawan Wang