Integrasi E-Commerce Lintas Platform untuk Keperluan Advertising Vendor Event

Perkembangan dunia usaha di Indonesia, dewasa ini telah memperlihatkan ke arah yang positif. Terbukti dengan semakin menjamurnya berbagai bentuk badan usaha yang bergerak dalam bidang barang maupun jasa, baik itu skala kecil maupun besar. Salah satunya adalah Event Organizer (EO). EO merupakan istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggaraan acara yang secara sah ditunjuk oleh kliennya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan klien dalam membuat acara. Pada dasarnya, tugas dari EO adalah membantu kliennya agar dapat menyelenggarakan acara dengan baik sesuai dengan keinginan kliennya seperti acara pernikahan, acara ulang tahun, acara kantor, launching product, konser musik, workshop, seminar dan lainnya.

Akan tetapi, saat ini hampir tidak ada Event Organizer yang terintegrasi ke satu platform sistem dan terintegrasi ke berbagai bagian yang berkaitan dengan penyelenggaran event tersebut seperti vendor penyedia tempat, panggung, dekorasi, food and beverages maupun aksesoris. Sehingga banyak klien merasa kesulitan untuk mencari EO tersebut dikarenakan faktor kesibukan dan lain sebagainya. Apalagi saat ini didominasi kaum milenial yang menganggap sesuatunya harus bisa cepat dan praktis. Atas dasar tersebut, XYZ-EVENT hadir sebagai fasilitator untuk membantu memenuhi semua kebutuhan acara. XYZ-EVENT merupakan organisasi yang bergerak di bidang Event Planner dengan memanfaatkan Platform Online. XYZ-EVENT bertanggung jawab atas perencanaan, konseptual, hingga kesiapan kelangsungan event. XZ-EVENT bekerja sama dengan semua EO dan vendor-vendor event yang ada di Indonesia dan juga membantu konsumen, EO dan Vendor untuk saling terhubung sehingga mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka, serta memperluas jaringan bisnis EO dan Vendor.

XYZ-EVENT dapat di akses melalui website yang memiliki direktori vendor yang ada di Indonesia dengan memiliki banyak kelebihan yang tersedia di dalam fitur. Kelebihan pertama adalah memberikan direktori lengkap bagi para EO yang kreatif dan berpengalaman. Kelebihan kedua, memberikan rekomendasi vendor kepada klien sesuai kebutuhan, mulai dari vendor dekorasi, venue, food, stage, hingga equipment. Kelebihan ketiga, memberikan perbandingan penilaian antar vendor yang tersedia dari segi harga dan juga kualitas. Jangkauan harga yang tersedia adalah level low, middle hingga high, sehingga klien bisa menentukan sendiri vendor yang akan dipilih sesuai budget. Kelebihan keempat, setiap vendor diberikan fasilitas untuk menjual barang/jasa yang berkaitan dengan kebutuhan event.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsep di atas, karena klien tidak perlu repot-repot dalam memilih sebuah EO dan memilih vendor dari masing masing keperluan, cukup dengan satu platform sistem online dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah klien mendapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan mereka untuk melaksanakan event, sedangkan dari sisi Vendor dan EO mendapatkan kemudahan memperluas jaringan bisnis yang berdampak pada peningkatan omset penjualan barang dan jasa, sedangkan dari sisi klien akan mendapatkan rekomendasi daftar EO dan Vendor sesuai dengan kebutuhan.

 

Oleh: Anada Dessi Budiansa, Dina Ikramina Setiani & Gunawan Wang