Minat Perilaku Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Dalam Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Pembelajaran Teknologi Informasi Dengan Pendekatan TAM

Saat ini media untuk menambah pengetahuan seseorang akan suatu hal berkembang dengan cepat dan mudah untuk diakses, salah satunya melalui media Youtube. Dengan Youtube, orang-orang dapat dengan mudah mengakses suatu ilmu yang mereka butuhkan atau mereka cari. Selain itu, tampilan dalam video-video di Youtube dibuat sedemikian menarik, sehingga orang-orang yang melihat, menjadi lebih tertarik dan lebih cepat memahami materi pembelajaran yang ada.

Konten pembelajaran Teknologi Infomasi di Youtube sangat banyak, baik yang dihasilkan oleh individu maupun perusahaan, dari professional sampai dengan akademisi, hal ini sangat memperkaya sumber pembelajaran khusus nya bidang teknologi informasi, dari banyak nya konten tersebut, konten yang seperti apa yang dapat diterima oleh mahasiswa jurusan teknologi informasi sebagai bahan pembelajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan view dari konten video tersebut.

Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pembelajaran melalui media Youtube pada mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Bina Nusantara University. Selain itu juga, penelitian ini untuk memastikan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung melalui pembelajaran media Youtube ini.

Berdasarkan hal tersebut, maka dengan penelitian ini kita dapat melihat : 1) Apakah Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap Perceived of Usefulness, 2) Apakah Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap Attitude to Use, 3) Apakah Perceived Usefulness berpengaruh terhadap Attitude to Use, 4) Apakah Innovativeness berpengaruh terhadap Perceived Ease of Use, 5) Apakah Innovativeness berpengaruh terhadap Perceived of Usefulness,6) Apakah Innovativeness berpengaruh terhadap Attitude to Use ,7)Apakah Attitude to Use berpengaruh terhadap Intention to Use Youtube Media as Learning.

Manfaat yang dapat dicapai dari penelitian ini adalah individu atau perusahaan pembuat dan penghasil konten-konten teknologi informasi di youtube dapat melakukan langkah-langkah peningkatan substansi konten dan cara penyampaian pada video nya sehingga dapat lebih mendapatkan atensi dari mahasiswa jurusan teknologi informasi khususnya dan pencari sumber pembelajaran teknologi pada umum nya.

 

By: Muhammad Aldenny, Yohanes Paul Weniko, Gunawan Wang