Pentingnya Digital Marketing Sebagai Marketing Tool

Berkembangnya teknologi saat ini, mulai merubah paradigma seseorang dalam melakukan aktifitasnya. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan jumlah seseorang dalam kesehariannya menggunakan smartphone, laptop. Saat ini paradigma masyarakat sudah berubah mengikuti perkembangan dari suatu teknologi yang diciptakan. Berdasarkan data yang di dapat dari E-Marketer total pengguna Smartphone di dunia itu selalu meningkat setiap tahunnya.

 

Trend Penggunaan Smartphone Worldwide.

Dengan data yang didapat dan melihat dari kebiasaan masyarakat saat ini, tidak bisa diragukan lagi bahwa teknologi sedang merubah kebiasaan manusia saat ini. Kita bisa melihat dizaman tahun 2000an., teknologi yang dulu ada belum begitu praktis dan marak disaat ini. Setiap hari ini rata – rata masyarakat habis menggunakan waktu mereka untuk memakai smartphone, laptop mereka saat ini. Rata – rata penggunaan smartphone mereka dihabiskan dalam App Chat (whatsapp, Line, WeChat), social media (Instagram, Facebook, Twitter), Browsing, dan Games Online.

Teknologi tersebut mengubah kebiasaan atau sudah menjadi rutinitas seseorang dalam menjalankan aktifitasnya. Oleh karena itu disini peran suatu bisnis juga perlu memperhatikan kebiasaan pangsa pasarnya, atau mencari target pasar baru untuk memperkenalkan bisnisnya di dunia yang luas. Internet, teknologi, dan budaya menjadi hal yang diperhatikan pada suatu organisasi marketing. 3 indikator tersebut menjadikan munculnya suatu praktisi baru saat ini yaitu Digital Marketing. Digital Marketing artinya sendiri adalah suatu pemasaran yang dilakukan secara digital yang artinya memanfaatkan teknologi dan internet dengan sudah tidak menggunakan marketing tools yang konvensional seperti brosur, flyer, spanduk, koran.

Peran digital marketing yang sudah dapat kita lihat adalah munculnya iklan – iklan dalam TV, Videotron, Smartphone, Led monitor. Digital marketing yang sedang tren saat ini adalah marketing online dengan menggunakan internet, contohnya adalah;

  • Website Company

Menjelaskan deskripsi lini bisnis pada perusahaan secara detail, dengan memberikan informasi yang detail untuk branding produk / service yang ada.

  • Search Engine Optimization

Mengoptimalkan website anda pada browser internet, dengan keyword yang anda cantumkan sehingga website anda menjadi tampil paling pertama berdasarkan best result dari browser yang dipakai oleh pengguna.

 

  • Social Media Marketing

Platform social media yang digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat, untuk lebih dekat dengan konsumen, menjual produk.

 

  • Digital Advertising

Memasang iklan dengan bekerjasama dengan perusahaan teknologi internet seperti google, youtube, linkedin, games online dll.

 

Suatu perusahaan tentunya pasti akan mempersiapkan strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan mereka, digital marketing sendiri memiliki kelebihan dalam fleksibilitas waktu dan tempat yang akan digunakan, mempunyai tools dalam pengumpulan data analytics secara real time, kekayaan visulasi dalam bentuk audio, teks, dan video yang tak terbatas.

 

Berkembangnya suatu teknologi, diyakini digital marketing adalah salah satu tools marketing yang terbukti ampuh dalam memasarkan produk/jasa karena perubahan budaya yang begitu mudah dan cepat dalam membantu suatu organisasi untuk informasi, kebutuhan dan keinginan masyarakat saat ini.