Guest Lecture Forming Partnership Oppurtunities with Taiwan’s Industries by Professor Jenn-Jaw Soong

 

Pada hari Rabu, 9 Oktober 2019, BINUS mengadakan kuliah umum tamu dari Professor Jenn-Jaw Soong dari National Cheng-Kung University (NCKU). Prof. Soong merupakan Full Professor ilmu politik dari NCKU.  Terdapat sekitar 60 mahasiswa dari berbagai kelas di MMSI dan MTI. Kegiatan dimulai dengan makan malam bersama antara Prof. Soong dan Mr. Tony Hsu beserta para dosen di BINUS Graduate Program. Tepat pukul 7 malam, Prof. Soong mulai memberikan kuliah umumnya selama 1 jam 30 menit yang disambung dengan tanya jawab hingga jam 9 malam.

Prof. Soong sendiri merupakan expert dibidang Asian Pacific Politics and Economy, Development and Change Political Economy serta Political Economy of Southeast Asian States. Pendidikan PhD beliau beliau raih dari University of Florida pada tahun 1991. Hingga saat ini beliau telah memproduksi karya ilmiah sebanyak 79 jurnal, 26 conferece dan 19 buku. Kedatangan beliau sendiri ke Indonesia merupakan rangakaian kegiatan beliau menjadi keynote speakers di 8th INTERNATIONAL CONFERENCE ON BUSINESS, INTERNATIONAL RELATIONS AND DIPLOMACY (ICOBIRD) 2019.

Topik yang beliau bawakan adalah tentang hubungan partnership strategis antara industri di Taiwan dengan Industri di Indonesia. Beliau bercerita bahwa Kondisi geografis Taiwan mulai dari umur., jenis kelamin. Indonesia adalah mitra dagang terbesar ke-14 Taiwan pada tahun 2018, merupakan sumber impor terbesar ke-10 untuk Taiwan dan pasar ekspor terbesar ke-16. Produk ekspor utama Taiwan ke Indonesia antara lain adalah produk minyak, produk besi dan baja, bahan baku tekstil, suku cadang mesin, bahan kimia dan produk lainnya.Sementara itu impor utama dari Indonesia adalah gas alam, batu bara, tembaga dan emas, kayu dan karet dan bahan baku lainnya. Perusahaan minyak negara Taiwan sendiri, yaitu CNPC dan BUMN gas Indonesia telah menandatangani kontrak jangka panjang untuk pasokan gas alam. Pada tahun 2018, jumlah pekerja Indonesia di Taiwan telah mencapai orang. Indonesia adalah sumber tenaga kerja asing terbesar ke Taiwan dan menempati peringkat pertama di Asia Tenggara sebanyak 260 ribu

Diakshir sesi, beliau menyampaikan bahwa Industri Taiwan sangat membuka kesempatan kepada Industri Indonesia bisa bekerja sama di Indoinesia lebih banyak dan dalam. Jika dilihat, potensi kerjasama antara Taiwan ke Indonesia sangatlah tinggi. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan toket tanda mata dari BINUS kepada Prof. Soong sebagai ucapan terima kasih.

 

Dilaporkan oleh Riyanto Jayadi