HOW IT CAN IMPROVE THE COMPANY by Cindy Patricia

IT (Information Technology) merupakan istilah umum istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. IT ini tidak hanya berfungsi pada penggunaan teknologi atau yang berhubungan dengan ilmu teknologi saja, tetapi IT ini juga mendukung interaksi orang-orang dalam berbisnis.

Pembangunan teknologi informasi dan komunikasi setiap perusahaan berbeda-beda, dapat disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang digunakan dan diperoleh oleh perusahaan tersebut. Teknologi informasi dan komunikasi saat ini pasti dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena dapat membawa keuntungan dan kemudahan untuk perusahaan tersebut.

Pertama, dengan penggunaan IT dalam perusahaan dapat mempermudah mengakses data yang dibutuhkan oleh perusahaan, dengan IT data dapat di kirim kapan dan dimana saja. Dengan memanfaatkan IT ini akan mempermudah perusahaan dalam berintergrasi dengan cabang-cabang perusahaan lain tanpa harus mengunjunginya satu-satu.

Kedua, IT ini dapat menjadi landasan system dalam perusahaan, bagaimana format system dalam perusahaan misalnya dapat membuat aplikasi sendiri untuk suatu perusahaan dimana segala aktivitas perusahaan dilaporkan dalam system tersebut sehingga dapat lebih mudah dalam controlling dan memanage kinerja,data, dan system operasi lainnya.

Ketiga, IT sangat membantu perusahaan yang menawarkan produk jasa atau barang yang membutuhkan teknologi sebagai dasarnya dalam proses pemasaran atau penjualan. Misalnya aplikasi, aplikasi ini digunakan perusahaan sebagai media untuk pemasaran dan penjualannya. Contohnya aplikasi property, aplikasi pegudangan, dll.

Keempat, karena IT merupakan system online maka terjadi perubahan yang sebelumnya menggunakan system manual, perubahan tersebut membawa dampak positif misalnya pengurangan biaya untuk tenaga kerja, dapat lebih menghemat waktu,tenaga dan pengeluraran-pengeluaran rinci lainnya.

Kelima, pengambilan keputusan menjadi lebih cepat karena data lebih muda diperoleh sehingga perusahaan-perusahaan menjadi lebih kompetitif. Dalam dunia bisnis waktu merupakan kesempatan emas.  Maka jika perusahaan lama untuk mengambil keputusan, peluang tersebut dapat diambil oleh perusahaan lain.

Keenam, IT dalam memperkecil pengeluaran biaya dalam promosi, karena kini perusahaan memiliki target pasar bukan hanya dalam suatu wilayah tetapi dimana-mana atau menglobal bahkan hingga keluar negeri. Dengan menerapkan IT dalam promosi sehingga menjadi online dapat meraih konsumen dari seluruh dunia dan informasi tentang produk perusahaan juga dapat dilihat oleh orang-orang seluruh dunia.

Dengan keenam benefit tersebut, dapat disimpulkan bahwa IT kini sangat berdampak dalam meningkatkan perekonomian di dunia bisnis. IT membawa perusahaan-perusahaan local terjun ke dunia internasional dan untuk mengimbangi persaingan akibat komersialisasi internet, perusahaan semakin beralih ke teknologi informasi, atau perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan telekomunikasi, untuk memperbaiki layanan dan meningkatkan kinerja. Dengan demikian, IT telah menjadi fitur penting dalam dunia bisnis.

 

Cindy Patricia & Gunawan Wang