Mengapa Menggunakan BPM? (Jarot S. Suroso)

Pada dasarnya, BPM membantu dengan melihat kondisi saat ini. Dimana kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana suatu proses bisnis bekerja dan berfungsi. Selain itu manfaat lainnya adalah:

  1. Improving Efficiency: fungsi utama BPM adalah untuk meningkatkan cara proses dilakukan. Kita akan menemukan berbagai cara untuk meningkatkan suatu proses bekerja, yang mengarah pada efisiensi, produktivitas, output, dan akhirnya, keuntungan yang lebih tinggi.
  2. Enforce Best-Practices & Standardization: jika kita menjalankan organisasi besar, ada peluang bahwa tim yang berbeda melakukan proses yang sama dengan cara yang berbeda. Membuat desain yang terbaik memastikan bahwa semua orang tahu bagaimana melakukan prosesnya.
  3. Process Agility: jika Business ProcessAnalyst sudah menjadi suatu norma di dalam organisasi, mereka pada akhirnya akan selalu mengembangkan budaya inovasi dan perubahan. Dengan dapat terus-menerus mengubah operasi bisnis, akan dapat berevolusi dalam menghadapi perubahan teknologi.
  4. Transparency - Setiap orang dalam organisasi akan mengetahui bagaimana suatu proses bekerja; apa tujuannya, bagaimana operasinya, dll. Ini mengarah pada akuntabilitas; siapa yang memiliki proses akan menjadi transparan.
  5. Beat the Competition - Sebagai hasil dari semua manfaat lain yang telah disebutkan, kita akan dapat mengalahkan dan bertahan lebih lama dari pesaing dalam jangka panjang.