Ranking Business Processes (Jarot S. Suroso)

Jika kita sudah menentukan dan membuat proses bisnis yang kita miliki, maka selanjutnya kita harus menjabarkan detail, requirement, dan arsitektur dari bisnis tersebut dan juga sistem yang yang mendukungnya. Biasanya akan lebih efisien jika kita mencari tahu terlebih dahulu proses bisnis yang paling susah implementasinya. Dari sini kita bisa membuat penggolongan atau membuat peringkat untuk setiap proses tersebut. Manfaatnya adalah kita bisa mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi kedepannya mengenai implementasi proses yang paling sulit karena kita sudah mengidentifikasikannya terlebih dahulu, sehingga kita akan bisa lebih mencari alternatif atau solusi tertentu untuk proses tersebut. Dan juga manfaatnya adalah kita bisa meningkatkan efisiensi perancangan sistem, karena sudah memberikan peringkat dan menggolongkan setiap proses bisnis tersebut. Peringkat dan perulangan dari metode TAS meningkatkan efisiensi dari rata-rata proses bisnis.

Terdapat 4 bagian dalam menentukan ranking dari proses-proses yang ada tersebut.

  1. Peak rate atau suku/skor tingkat puncak dari setiap proses yang akan dieksekusi
  2. Data sizing atau jumah data yang digunakan.
  3. Complexity atau kerumitan dari interaksi yang ada antara pihak-pihak yang terlibat.
  4. Impact Scoring atau pengaruh dan resiko bisnis yang berhubungan dengan proses yang tidak berhasil/gagal.