Penciptaan Nilai Dompet Digital

Oleh Dyah Yuniati & Sfenrianto

Dompet Digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online, tanpa kartu dan tanpa uang tunai. Pengguna tinggal menggunakan smartphone untuk pembayaran. Jumlah pengguna dompet digital dari waktu ke waktu bertambah secara masif. Gambar 1, menunjukkan pertumbuhan volume transaksi dan jumlah nominal transaksi uang digital dari tahun 2012 hingga 2018 yang tercatat oleh Bank Indonesia.

Gambar 1. Transaksi Uang Elektronik 2012-2018

 

Memang pada awalnya perkembangan ini tidak terlepas dari banyaknya promo yang diberikan oleh perusahaan penyedia dompet digital sebagai strategi marketing mereka. Strategi lain yang mendukung adalah penciptaan nilai (value creation) pada dompet digital. Penciptaan nilai tersebut akan menjadi pembeda diantara para pesaingnya seperti OVO, Dana, LinkAja, Go-Pay dan Paytren.

Ada 4 penciptaan nilai yang pada dompet digital yaitu: Efficiency, Novelty, Lock-In dan Complementary.

 

  1. Efficiency

Efficiency berarti kemampuan untuk menyediakan akses yang cepat, tidak menghabiskan banyak waktu pelanggan dan tidak banyak memerlukan usaha dalam bertransaksi.

 

  • Bill Payment

Yaitu fitur untuk melakukan pembayaran tagihan biller seperti tagihan listrik, air, asuransi BPJS, tagihan pulsa telepon pasca bayar, pembelian pulsa pra bayar serta pembayaran tagihan kartu kredit.

  • Belanja Online

Dompet Digital terintegrasi dengan beberapa e-commerse besar di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan shopee. Ketika berbelanja di e-commerse tersebut, pembeli dapat memilih cara pembayaran menggunakan Dompet Digital.

  • Bayar Merchant

Dompet Digital juga bekerjasama dengan retailer seperti minimarket dan reataurant untuk bisa melakukan pembayaran menggunakan merchant Dompet Digital.

  • Transfer

Pengguna dapat melakukan transfer antar akun Dompet Digital ataupun transfer ke rekening bank.

  • Bekerja sama dengan Bank XYZ untuk bisa melakukan top up dana melalui aplikasi internet banking, yaitu dengan menyediakan pot/kantong/menu khusus di internet banking untuk memindahkan dana dari rekening utama ke Dompet Digital.
  • Bayar KRL dan Transjakarta

Ini juga salah satu fitur baru yang diatawarkan oleh Dompet Digital. Pengguna bisa menggunakan barcode yang ada di aplikasi Dompet Digital sebagai alat pembayaran transportasi KRL & transjakarta.

 

  1. Novelty

Novelty merupkan keunikan yang dimiliki Dompet Digital, diantaranya adalah Chatbot  dan membuat rencana pembayaran. Chatbot merupakan layanan pelanggan untuk bisa berkomunikasi, menyampaikan pertanyaan, dan menyampaikan keluhan via chat dengan robot pintar. Buat Rencana Pembayaran memungkinkan pengguna bisa melakukan pengaturan untuk pembayaran otomatis atau sekedar mengatur pengingat untuk membayar tagihan.

 

  1. Lock-In merupakan kemampuan Dompet Digital untuk menciptakan tingkat kepercayaan customer, seperti strategi notifikasi. Pengguna bisa mendapatkan notifikasi transaksi pembayaran dari Dompet Digital.

 

  1. Complementary, merupakan kelengkapan yang ditawarkan oleh Dompet Digital untuk memenuhi kebutuhan customer. Dompet Digital pun melengkapi aplikasinya dengan menu Dashboard. Menu Dashboard akan menampilkan summary pemasukan dan pengeluaran uang berdasarkan kategori transaksi, seperti pembayaran biller, transfer, belanja online atau pembayaran KRL/Transjakarta. Periode dashboard-nya pun bisa ditentukan sendiri oleh pengguna, yaitu mingguan, 2 mingguan atau bulanan. Dengan adanya menu dashboard ini, diharapkan pengguna dapat mengelola cash flow dengan mudah. Setiap uang masuk dan uang keluar akan tercatat, terkategori dan terangkum secara otomatis sesuai kategori transaksi, sehingga nasabah tidak perlu menggunakan aplikasi pencatatan keuangan lainnya lagi.