Service Oriented Enterprise (SOE)

Oleh Ahmad Nurul Fajar

Service Oriented Enterprise (SOE) merupakan paradigma yang tidak hanya membahas teknologi saja dan mengabaikan aspek bisnis dalam organisasi enterprise. SOE dapat mensinergikan aspek tekonologi dan aspek bisnis, sehingga organisasi dapat merespon perubahan secara cepat dengan fleksibel. Sinergitas teknologi dan bisnis wajib diperhatikan dan sangat diperlukan. Kondisi ini, mengingat sejumlah kegagalan penerapan teknologi dengan investasi yang cukup besar,namun tidak dapat memberikan value yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan organisasi. SOE memberikan kemudahan dalam memecah proses bisnis menjadi sekumpulan services yang atomik. Meskipun demikian, service-service atomic dapat diintegrasikan dan di orkestrasi sehingga dapat mendukung reusability dan agility. Setrag K. (2016) mendefinisikan tiga layer dalam service oriented enterprise. Layer tersebut berperan dalam mensinergikan IT dan Business. Adapun ketiga layer tersebut adalah : (1).Enterprise Performance Management, yang berperan sebagai service performance, (2). Business Process Management, yang berperan sebagai service integration, dan (3).Service Oriented Architecture, yang berperan sebagai IT infrastruktur service. SOE melayani komunitas yang beragam, yaitu : Customers, Partners, Shareholders ,Employees, Community,dan Government. Pendekatan SOE berfokus pada kebutuhan IT dan bisnis. Metodologi berfokus bisnis dan IT terdapat empat bagian utama, yaitu coding methodologies, target service oriented enterprise, ad hoc development, dan target business process,business rules,business re-engineering. Menurut Setrag (2016), Komponen Enterprise Performance Management (EPM) meliputi keterkaitan beberapa komponen, yaitu : (a). Business Activity Monitoring (BAM); (b). ;Data Warehouse ; (C). ETL ; (d). Proses data; (e). Enterprise Resource Planning (ERP); (d). Customer Relatinship Management (CRM) dan (e). Supply  Chain Management (SCM)

 

Referensi :

Khoshafian, Setrag. “Service Oriented Enterprise”, 2016, Auerbach Publications.