Aset Digital dalam Investasi Sistem Informasi (Astari Retnowardhani, PhD)

Pengukuran nilai investasi Sistem Informasi (SI) antara lain meliputi pengukuran asset yang menjadi bagian dalam sebuah produk SI. Dengan perkembangan teknologi informasi maka terjadi perubahan-perubahan dalam pengkategorian asset dan pengukurannya. Salah satunya adalah adanya asset digital. Semakin banyak produk SI yang menggunakan teknologi digital, dan penggunaan ini adalah  untuk menopang proses bisnis perusahaan atau organisasi. Berdasarkan International Accounting Standards Board pengertian asset adalah sumber daya yang dikendalikan oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan  sebagai sumber manfaat untuk ekonomi masa depan yang diharapkan mengalir ke perusahaan. Berdasarkan pengertian tersebut maka karakteristik utama dari asset adalah:

  1. Aset memiliki potensi layanan atau manfaat ekonomi untuk di masa depan
  2. Aset berada dalam kontrol organisasi atau perusahaan
  3. Aset merupakan hasil dari kegiatan transaksi sebelumnya

Aset digital pada era ini menjadi kebutuhan dalam sebuah pengembangan SI. Untuk dapat memasukkan dalam pengukuran investasi maka perlu diketahui apa saja yang termasuk dalam asset digital. Pendefinisian untuk  Aset Digital adalah Aset dalam bentuk digital yang komprominya akan menimbulkan kerugian ekonomi bagi entitas pemiliknya. Digital asset dapat berbentuk tangible maupun intangible. Aset digital tidak berwujud adalah aset informasi yang dinyatakan dalam bentuk numerik diskrit untuk digunakan oleh perangkat komputasi, dan aset digital tidak berwujud adalah bagian dari aset informasi. Akan tetapi asset informasi belum tentu sebagai asset digital.

Beberapa kategori dari Aset Digital adalah :

  1. (Networked) System Assets
  2. Software Assets
  3. Hardware Assets
  4. Service Assets
  5. Robotic Assets
  6. Data Assets
  7. Metadata Assets
  8. Digitally Enabled Devices

 

Beberapa contoh yang termasuk asset digital seperti virtual reality system, augmented reality system, aplikasi email, system Kesehatan Rumah Sakit, jaringan intranet perusahaan, sistem aplikasi keuangan, CPU, keyboard, laptop, tablet, server, ATM, GPS, search engine, transport robot, domestic robot, database keuangan, database perbankan, database kesehatan, aplikasi analisis data, perangkat IoT, microhip, dan sebagainya.

 

Daftar Pustaka

Keyun Ruan, 2019, Digital Asset Valuation and Cyber Risk Measurement: Principles of Cybernomics, Academic Press