Fitur-Fitur Tool Media Social Buzzsumo Untuk Mendukung Bisnis Digial

Oleh Sfenrianto and Jeffrey Arief Mulyono

Bisnis digital yang menggunakan yang menggunakan media social harus dikelola dengan baik. Untuk mengelola bisnis tersebut di  media sosial tidak mudah. Oleh karena itu, bisnis digital memerlukan sebuah tool untuk mengelola media sosial. Salah satu tool media social yang dapat digunakan adalah Buzzsumo.

Tool media social Buzzsumo merupakan sebuah tool yang mendukung bisnis digital dapat mempertimbangkan dari mana memulai langkah bisnis maupun apa yang relevan dengan bidang bisnisnya. Pengguna dapat mengetahui konten apa saja yang sedang populer dari bisnis digital. Buzzsumo juga membantu pengguna mencari tahu produk apa yang paling diinginkan oleh pelanggan yang potensial dengan menganalisis apa yang dilakukan oleh pesaing dengan cara yang berbeda, sehingga membantu bisnis digital dalam membangun brand.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Buzzsumo dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna untuk mendapatkan informasi maupun wawasan yang dapat membantu pengguna meningkatkan pemasaran dan memberikan keungulan kompetitif terhadap bidang bisnis digital. Terdapat tiga fitur utama yang dapat digunakan oleh bisnis digital yaitu Content Insights, Influencer Information, dan Competitor Analysis. Fitur-fitur tersebu dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Content Insights merupakan fitur pada Buzzsumo yang menduung bisnis digital untuk mencari ide bisnis maupun konten pemasaran yang sedang trend di kalangan audien media sosial. Fitur Content Insights juga dapat meningkatkan engagement dengan audien melalui posting konten yang up to date.
  • Influencer Information merupakan fitur pada Buzzsumo yang dapan membantu bisnis digital untuk mengetahui konten atau produk yang sedang banyak diangkat oleh influencer yang relevan dengan bidang bisnis, sehingga pelaku bisnis digital dapat mengetahui konten dan produk terkini yang menjadi sorotan audien,
  • Competitor Analysis merupakan fitur pada Buzzsumo yang dapan membantu bisnis digital untuk mengetahui apa yang menjadi tren competitor, bahkan apa yang dilakukan kompetitor juga dapat diketahui. Hal ini dapat membantu social marketer untuk berupaya membuat konten yang unik yang menjadi unggulan bisnis digital dari kompetitor.

Referensi

What is Buzzsumo? And How Do I Use It? https://www.mikegingerich.com/blog/buzzsumo-use/