Digitalisasi Kartu Tanda Anggota (KTA) TNI Menjadi Elektronik Kartu Tanda Anggota (E-KTA)

Oleh Henwy Wibowo & Gunawan Wang

Kartu identitas merupakan suatu benda yang sangat penting bagi seseorang, dikarenakan kartu tersebut berisi identitas sang pemilik. Kartu tersebut juga menjadi bukti yang sah atas identitas seseorang, tidak terkecuali perosnel TNI. Kartu identitas di TNI disebut dengan Kartu Tanda Anggota (KTA), dimana kartu tersebut berisi identitas personel TNI meliputi, nama, NRP sampai dengan kesatuan. KTA tersebut berbentuk selembar kertas, dimana hal tersebut yang menjadi salah satu masalah karena akan rentan rusak.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini hampir mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia, begitu juga dengan TNI. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam membantu proses bisnis menjadi lebih mudah dan baik. Berbanding lurus dengan perkembangan tersebut Kartu Tanda Anggota (KTA) di TNI diharapakan dapat dikemas menjadi tidak hanya sebuah kartu identitas melainkan mejadi sebuah kartu yang dapat membantu personel TNI dalam kehidupan. Dikarenakan pentingnya KTA dan melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini yang semakin pesat, maka diputuskan untuk membuat Elektonik Kartu Anggota (e-KTA), dimana kartu tersebut terbuat dari matrial Polivinil Klorida (PVC). Matrial tersebut membuat Elektonik Kartu Anggota (e-KTA) lebih kuat dan awet dibandingkan pendahulunya yang hanya terbaut dari kertas. Elektonik Kartu Anggota (e-KTA), juga mempunyai keunggulan lain diantara nya adalah sebagai berikut :

  • e-KTP TNI berfungsi sebagai identitas prajurit dan kartu combo BRI (debit dan E-Money).
  • Memiliki mobile aplications yang dibuat oleh BRI dan berfungsi sebagai pembaca identitas prajurit melalui pemindaian QR code secara online.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa e-KTA, selain menjadi kartu identitas, dapat memudahkan personel TNI dalam melakukan transaks terakit debit dan E-Money. Data identitas personel TNI dapat dibaca menggunakan melalui pemindaian QR code secara online.

  1. Bikin

  2. Tanda kartu tni ad

  3. Apakah koppasus tetap mempunyai KTP?

  4. sukses

  5. pada umur berapakah anggota tni bisa pensiun

  6. DAFTAR KTA KOPASSUS

  7. Pengurus angkatan mudah