Implementasi Security System PT XYZ dengan Zachman ISA Frameworks

Oleh Fathan Abdussalam & Gunawan Wang

Zachman Frameworks adalah suatu kerangka kerja yang dibuat untuk mendapatkan arsitektur perusahaan secara meluas. Framework ISA Zachman (1987 dan 1992) didasari bahwa kebutuhan pemrosesan data dari banyak pelanggan menjadi lebih kompleks. Framework Zachman dapat menyediakan cara untuk memandang dan mendefinisikan sebuah enterprise architecture secara formal dan terstruktur dengan baik. Framework ini terdiri atas matriks klasifikasi dua dimensi yang dibangun dari kombinasi beberapa pertanyaan umum yaitu:

  • What : apakah yang menjadi the business data, business informasi atau objek?
  • How : bagaimana business berjalan, misalkan bagaimanakah proses dari sebuah bisnis/
business processes?
  • Where : dimanakah bisnis beroperasi?
  • Who : siapakah orang-orang yang menjalankan bisnis, apakah unit-unit bisnisnya dan bagaimanakah hirarkinya (business units and their hierarchy)?
  • When : bilamana/kapan proses bisnis dilakukan, misalkan bagaimanakan dengan business schedules dan workflow?
  • Why : mengapa/why proses-proses, orang-orang atau lokasi-lokasi dipandang penting terhadap bisnis, misalkan apakah yang menjadi business drivers atau business objectives?

Sebagai contoh pada perusahaan saya yaitu penerapan Framework Zachman untuk merancang arsitektur aplikasi Identity Access Management. Pada tahap merancang metode penelitian jika menggunakan pendekatan baris pertama yaitu mengenai sasaran dan lingkup / business scope menurut perspektif  perencana /planner. Penjelasan masing-masing kolom :          

What How Where Who When why
Dalam kasus ini PT XYZ ingin implementasi - kan Security System untuk user yang dimiliki setiap aplikasi PT XYZ. Lalu perusahaan ABC Consultant membuat perancangan Business Model sesuai dengan keinginan dari PT XYZ. Lalu perusahaan ABC Consultant membuat perancangan Business Model sesuai dengan keinginan dari PT XYZ. Setiap team yang dimiliki perusahaan ABC Consultant membuat model dari segi analisis, perancangan model dan alur business aplikasi yang ingin di implementasikan oleh perusahaan ABC Consultant untuk PT XYZ. Setelah model rancangan di buat sesuai penglihatan dan analysis lalu mempresentasikan rancangan tersebut ke masing – masing stakeholder sesuai dengan kebutuhan yang mereka miliki. Lalu setiap tanggapan dari view point dan analysis akan di kembalikan ke ABC Consultant untuk dirancang kembali hingga semua kebutuhan sesuai. Dan dapat dipresentasikan kembali jika semua hasil sesuai dengan view point dan pertanyaan dari analysis