Pengembangan Aplikasi Meeting berbasis Mixed Reality

Oleh: Muhammad Hadi Edrus Alaydrus & Gunawan Wang

Di era industry 4.0 telah berkembang suatu konsep bernama Augmented Reality (AR) dan virtual reality (VR), AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (real time) (Yuzti, Fitrisia, & Putra, 2012). VR sendiri adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya. Jika keduanya digabungkan maka terbentuklah yang disebut dengan Mixed Reality.
Ditengah pandemic yang sedang terjadi saat ini pemerintah mengeluarkan regulasi untuk karyawan agar bekerja dirumah atau Work From Home (WFH), kondisi ini membuat agency creative digital seperti limadigit yang biasanya melakukan branistorming secara face to face di suatu ruangan, terpaksa berubah menjadi online meeting, yang berdampak pada keaktifan dari karyawan-karyawan yang ikut serta. Mulai dari suasana nya yang kurang mendukung, sampai kurangnya produktivitas dalam meeting. Salah satu hal yang dapat dilkaukan sebagai inovasi dalam masalah ini adalah mengembangkan aplikasi meeting berbasis Mixed Reality.
Dalam aplikasi meeting berbasis Mixed Reality ini, Karyawan-karyawan yang hadir dalam meeting tersebut dapat memilih avatar mereka masing2 dan Team Lead atau Host dapat memilih environment / background yang diinginkan untuk meeting tersebut , seperti environment pantai atau lapangan hijau, para karyawan yang hadir juga dapat berinteraksi dengan berbagai object yang disediakan dalam environment tersebut.
Dampak yang diharapkan dengan pengembangan aplikasi ini nantinya dapat meningkatkan mood karyawan pada saat meeting sedang berlangsung dan membuat para karyawan yang hadir menjadi lebih produktif dan aktif.