Perancangan Business Process Model dengan Framework Zachman

Oleh Firmansyah Ashari & Gunawan Wang
PT. ABC merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT Customize Software Development untuk perusahaan. PT ABC berlokasi di Depok, Jawa Barat. Tujuan dari perusahaan adalah memperkuat bisnis dengan memberikan sebuah solusi yang inovatif untuk meningkatkan bisnis pelanggan.
Perusahaan ini memiliki berbagai macam pelanggan baik perusahaan negara ataupun perusahaan swasta di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Model bisnis yang di jalankan pada perusahaan ini adalah membuat aplikasi / software berdasarkan keinginan dari para perusahaan. Proses bisnis yang terjadi pada PT. ABC yaitu sebuah perusahaan menghubungi PT. ABC, lalu tim PT. ABC akan menanggapi perusahaan tersebut. Lalu di atur sebuah pertemuan agar mendapatkan dengan jelas permintaan dari perusahaan tersebut yang diwakilkan oleh Business Development dan Business Analyst. Setelah di dapatkan permintaannya, maka Business Development dan Business Analyst membentuk sebuah dokumen yang di namakan BRD (Business Requirement Document). Setelah membuat BRD maka di diskusikan dengan Project Manager untuk selanjutnya akan di buatkan timeline spesifikasi software, resources yang di butuhkan, UML, ERD, UI Design yang di buat dalam bentuk FSD (functional specification document). Selanjutnya Project Manager berdiskusi dengan Direktur IT untuk mendapatkan Resources yang tersedia. Setelah itu Project Manager berdiskusi dengan Resources yang disediakan oleh Direktur IT. Resources yang di maksud adalah UI UX designer, Programmer, RnD.
Setelah dokumen FSD jadi, maka Project Manager akan memberikan informasi ini kepada perusahaan tersebut. Untuk memastikan bahwa requirement yang di minta sudah tepat dan sesuai dengan hasil diskusi dengan Business Development dan Business Analyst. Setelah semua oke maka pengerjaan software dapat di lakukan.