Platform Pendidikan Kreatif bagi Anak dan Orang Tua
Oleh Maria Listya & Gunawan Wang
Sejak menyebarnya virus Covid-19 di Indonesia mulai awal bulan Maret menyebabkan hampir semua aktifitas harus dilakukan dari rumah. Bagi keluarga yang bekerja dari rumah dan memiliki anak, terutama usia bermain 3-5 tahun dan anak usia sekolah yang harus belajar dari rumah, menyebabkan orang tua harus membagi waktu bagi anak dan pekerjaan. Hal yang pada umumnya dilakukan orang tua sekarang adalah memberikan akses untuk bermain game atau smartphone, membiarkan anak menonton televisi, atau menonton video di streaming platform dan video sharing website. Ada nilai positive dan negative yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. Dengan bermain game, dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berpikir dan cepat bertindak serta mengambil keputusan tapi menghilangkan interaksi antara anak dengan orang di sekelilingnya dan menyebabkan berkurangnya aktifitas motorik. Banyak video disajikan di streaming platform atau video sharing website yang dapat menyajikan informasi menarik dan edukatif tapi banyak juga yang memberikan efek negative. Karena anak kecil cenderung cepat bosan menonton video yang sama dalam waktu tertentu, mereka cenderung mencari video lain. Walaupun terdapat fitur age restriction tapi sekarang ini banyak tontonan yang menampilkan kekerasan berupa animasi.
Saat ini di Indonesia video belajar interaktif bagi anak dengan jadwal dan materi yang dapat dipilih sesuai minat masing-masing masih belum cukup banyak. Platform video interaktif dengan materi pembelajaran yang kreatif, yang dapat mengajak anak dan orang tua untuk berinteraksi dengan bukan hanya materi Pendidikan formal di sekolah tetapi juga aktifitas dari memasak, kerajinan tangan, science project, permainan, kesenian. Dengan Kelas pembelajaran yang dapat dipilih sesuai dengan schedule yang ada serta didampingi langsung oleh pengajar/instruktur sehingga anak akan merasa diperhatikan dan bisa berinteraksi dengan pengajar untuk memastikan anak tetap focus saat mengikuti kegiatan.