1.2 WRITING A GOOD THESIS PROPOSAL (Jarot S. Suroso)

Proposal penelitian adalah dokumen dalam mengusulkan proyek penelitian, umumnya dalam bidang sains dan akademisi dan biasanya merupakan permintaan untuk mensponsori penelitian tersebut. Proposal di evaluasi dari segi biaya dan dampak potensial dari penelitian yang dilakukan, serta pada tingkat kemungkinan keberhasilan dari rencana yang di usulkan untuk dilaksanakan.
Sebelum melakukan penelitian, setiap peneliti harus menyiapkan proposal penelitian. Manfaat utamanya adalah bukan hanya ia menjadi panduan bagi peneliti atau siapa saja (missal, seseorang yang berkehendak mengulagi penelitian yang sama pada tempat atau setting yang berbeda – lihat Sekaran (2010) untuk arti dari “penelitian Ilmiah”) untuk diikuti dalam melakukan penelitian, tapi juga sebagai dokumen yang nantinya diusulkan kepada penyandang dana untuk mendapatkan dukungan. Untuk alasan inilah maka latar belakang peneliti selalu dilampirkan pada proposal untuk meyakinkan donor bahwa itu adalah penelitian yang layak dilakukan dan didanai, dan bahwa dialah yang paling tepat melakukan penelitian tersebut.

Manfaat nya :
• Sebagai pedoman bagi peneliti atau siapapun (Katakanlah, orang yang ingin melakukan dan mengulangi penelitian di tempat dan pengaturan yang berbeda) untuk mengikuti dalam melakukan penelitian.
• Sebagai dokumen yang diserahkan untuk mendapatkan dana untuk penelitian.
• Kredensial (Pernyataan yang menyatakan kemampuan melakukan sesuatu) peneliti biasanya ditambahkan ke proposal untuk meyakinkan pihak yang mendanai bahwa ini adalah penelitian yang baik, layak, dan bahwa ia adalah orang yang tepat untuk melakukan penelitian tersebut.
• Memberi gambaran dan proyeksi sebuah kegiatan atau penelitian yang akan dilakukan.