AI Engineering

Oleh: Riyanto Jayadi & Fadila Raysita

AI Engineering adalah suatu komputasi yang bekerja dengan teknik pembelajaran mesin tradisional seperti pemrosesan bahasa alami dan jaringan saraf untuk membangun model yang mendukung aplikasi berbasis AI (Savage, n.d.).

Jenis aplikasi yang dibuat oleh AI Engineering meliputi:

  • Iklan kontekstual berdasarkan analisis sentimen
  • Terjemahan bahasa
  • Identifikasi atau persepsi visual

Apakah seorang AI Engineering adalah insinyur data atau ilmuwan?

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana peran seorang AI Engineering berbeda dari seorang Data Science. Meskipun ketiga peran tersebut bekerja sama dalam bisnis, mereka berbeda dalam beberapa hal:

  • Data engineer menulis program untuk mengekstrak data dari sumber dan mengubahnya sehingga dapat dimanipulasi dan dianalisis (Chege et al., 2020). Mereka juga mengoptimalkan dan memelihara pipeline data.
  • Data science membangun model pembelajaran mesin yang dimaksudkan untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis. Mereka sering melihat bisnis dari titik strategis yang lebih tinggi daripada yang biasanya dilakukan oleh seorang AI Engineering.

Bisakah saya mengubah peran teknik saya saat ini menjadi peran AI

Pengembang perangkat lunak yang berpengalaman sangat cocok untuk melakukan transisi ke rekayasa AI (Arsitektur & Ruang, 2020).

Anda mungkin memiliki perintah lebih dari satu bahasa pemrograman dan pengetahuan dasar untuk mempelajari bahasa lain. Kemungkinan juga Anda telah bekerja dengan model pembelajaran mesin dalam beberapa kapasitas mungkin dengan memasukkannya ke dalam aplikasi lain.

Jika Anda tertarik untuk mengejar peran teknik AI dalam organisasi tempat Anda sudah bekerja, pengetahuan Anda tentang bisnis dan pengetahuan tentang cara kerja tim teknik akan sangat penting.

.

 

Refrensi

Arsitektur, M., & Ruang, S. (2020). KOLABORASI DI ERA DISRUPSI.

Chege, S., Wanyembi, G., & Nyamboga, C. (2020). Digital Transformation Leaders in Kenya. 5(5), 20–27.

Savage, J. D. V. (n.d.). Composable Capability on Demand (CCOD®): A New Paradigm for the Design, Acquisition and Employment of IT-Based C2. W.Dodccrp.Org.