Intelegent Composable Business

Oleh: Riyanto Jayadi & Fadila Raysita

Ketika Covid-19 pertama kali menyerang, bisnis beralih ke mode bertahan hidup, berjuang untuk menemukan solusi atas celah di dalam perusahaan mereka.

Hasilnya, seperti yang Anda ketahui, adalah migrasi terbesar ke solusi cloud dalam sejarah kami dan model bisnis baru yang dibuat di lingkungan yang jauh lebih gesit (Arsa & Mustofa, 2013).

Salah satu dari banyak pelajaran yang diperoleh bisnis dalam lockdown adalah bahwa perusahaan perlu mengubah pengambilan keputusan mereka dan menciptakan fondasi yang dapat dipertukarkan.

Apa itu bisnis komposabel Secara cerdas

Bisnis yang dapat disusun secara cerdas mengubah pengambilan keputusan dengan mengakses dan bereaksi pada data dengan metode yang lebih baik dan lebih fleksibel.

Bisnis yang dapat disusun secara cerdas akan memungkinkan adanya momen bisnis digital yang didesain ulang, model bisnis baru, operasi otonom, serta produk, layanan, dan saluran baru.

Model bisnis yang dapat disusun adalah percepatan era digital dan menawarkan pengalaman yang gesit kepada pelanggan dan karyawan. Anda memastikan kemampuan beradaptasi waktu nyata (ul Haq, 2017).

Merancang proses bisnis Anda di sekitar ide ini, memaksa bisnis untuk tangguh dalam waktu yang selalu berubah dan menciptakan budaya stabilitas dalam lingkungan yang berkembang.

Komposabel benar-benar berarti modularitas.

Bisnis yang dulunya efisien tiba-tiba menjadi rapuh ketika pandemi menghantam sifat yang membuat banyak bisnis menderita kerugian luar biasa.

Perusahaan yang beralih ke pengaturan modular (dapat disusun) dapat mempersiapkan berbagai realitas (Arsa & Mustofa, 2013). Proses modular memberdayakan bisnis untuk mengatur ulang dan mengarahkan kembali sesuai kebutuhan tergantung pada faktor eksternal atau internal yang bergeser.

Ide bisnis yang dapat disusun beroperasi pada empat prinsip dasar:

  • Lebih cepat melalui penemuan
  • Ketangkasan yang lebih besar melalui modularitas
  • Kepemimpinan yang lebih baik melalui orkestrasi
  • Ketahanan melalui otonomi

Tiga blok bangunan bisnis yang dapat disusun

  • Pemikiran yang dapat disusun: ketika Anda menggabungkan prinsip modularitas, otonomi, orkestrasi, dan penemuan dengan pemikiran yang dapat disusun, ini dapat memandu pendekatan Anda untuk membuat konsep kapan harus menulis, dan apa.
  • Arsitektur bisnis yang dapat disusun memastikan bahwa bisnis dibangun agar fleksibel dan tangguh. Ini tentang struktur dan tujuan. Ini adalah kemampuan struktural - memberi Anda mekanisme untuk digunakan dalam merancang bisnis Anda.
  • Teknologi yang dapat disusun adalah alat untuk hari ini dan esok. Mereka adalah bagian dan bagian, dan yang menghubungkan semuanya. Keempat prinsip tersebut adalah tujuan desain produk yang mendorong fitur teknologi yang mendukung gagasan komposabilitas.

Ketika dikombinasikan dengan prinsip-prinsip, blok bangunan bisnis yang dapat disusun memungkinkan organisasi untuk berputar dengan cepat (Paharia & Bhushan, 2019).

Permintaan untuk memenuhi harapan pelanggan dan karyawan Anda akan terus tumbuh di tahun 2021.

Melalui bisnis komposabel yang cerdas, organisasi dapat berharap untuk mencapai kesuksesan pengalaman pelanggan dan inovasi teknologi dalam lingkungan yang fleksibel.

.

 

Refrensi

Arsa, W., & Mustofa, K. (2013). Tesis perancangan dan analisis kinerja. Ijccs, 8(2), 2013.

Paharia, B., & Bhushan, K. (2019). A comprehensive review of distributed denial of service (DDoS) attacks in fog computing environment. In Handbook of Computer Networks and Cyber Security: Principles and Paradigms. https://doi.org/10.1007/978-3-030-22277-2_20

ul Haq, M. Z. (2017). Morality Opaque in Vulnerability Disclosure. https://doi.org/10.31219/osf.io/kbhwg