Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah untuk Menggunakan Aplikasi Perbankan Digital di Yogyakarta, Indonesia

Oleh Muhammad Mufarih, Riyanto Jayadi & Yovin Sugandi

Meskipun mobile banking bukanlah teknologi baru, namun bagi nasabah perbankan pada umumnya, teknologi ini membantu mereka dalam melakukan aktivitas perbankan sehari-hari. Perbankan digital adalah aplikasi e-commerce yang dihadirkan oleh lembaga keuangan atau bank yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi keuangan dari jarak jauh dengan mengadopsi perangkat seluler. Perbankan digital adalah contoh yang sangat baik dari terobosan teknologi seluler di sektor perbankan, yang memungkinkan nasabah untuk secara mandiri melakukan transaksi keuangan, seperti informasi saldo, transfer dana, pembayaran tagihan, dan transaksi lainnya, melalui perangkat seluler, smartphone, atau perangkat lain di waktu dan tempat yang dipilih pelanggan. Transformasi aplikasi mobile banking menjadi aplikasi digital banking yang dilakukan oleh perbankan membuat pengguna melakukan evaluasi ulang berdasarkan preferensinya. Penelitian ini menyajikan perilaku pengguna aplikasi perbankan digital di Yogyakarta, Indonesia.

Model hipotesis penelitian didasarkan pada Technology Acceptance Model (TAM) dengan tambahan faktor citra sosial, persepsi risiko dan persepsi kepercayaan yang diadopsi dari Muñoz-Leiva et al. (2017). Metodologi dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online dan analisis data menggunakan Model Persamaan Struktural.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa persepsi kepercayaan dan risiko yang dirasakan memiliki peran yang lebih dominan dalam mempengaruhi sikap pengguna dan niat pengguna untuk menggunakan perbankan digital. Sementara itu, citra sosial, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kegunaan tidak signifikan dalam mempengaruhi sikap pengguna dan niat pengguna untuk menggunakan perbankan digital. Implikasi dari penelitian ini adalah membantu untuk menentukan komunikasi dan strategi yang tepat agar lebih banyak pengguna dengan manfaat lebih dapat memanfaatkan aplikasi perbankan digital ini.

 

Selengkapnya di https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no10.897