6 Tahapan dalam Proses Penelitian :

1 Mendefinisikan tujuan penelitian

Sebelum kita memulai proses penelitian, langkah pertama yang harus ditentukan adalah tujuan yang ingin kita temukan atau goal, karena jika hal ini tidak dilakukan, kita akan kesulitan mencapai proses selanjutnya.

2 Desain penelitian

setelah kita menentukan apa tujuan dan sasaran dalam proses penelitian kita, kemudian menentukan desain dalam penelitian, banyak desain dalam sistem informasi, misalnya ada use case diagram, activity diagram dan lain-lain, hal ini perlu dilakukan agar kita bisa mengetahui data apa saja yang akan kita sertakan dalam desain.

3 Sampling

sampling atau bisa dibilang teknik sampling adalah hal selanjutnya yang harus dilakukan setelah menentukan desain apa yang ingin digunakan, sampling disini bukan berarti kita benar-benar menjiplak hasil orang lain, tapi mencari referensi dan mendapatkan ide dari hasil tersebut agar kita bisa menambahkan referensi dan ide ke dalam proses penelitian desain kami.

4 Pengumpulan data

Dalam proses pengumpulan data ini kita akan mengambil data-data yang dibutuhkan dalam penelitian kita, teknik yang digunakan bisa apa saja dan membutuhkan banyak referensi guna membantu penelitian yang sedang dilakukan.

5 Analisis data

Setelah mengambil data yang dibutuhkan maka kita harus menganalisa data tersebut, apakah data ini yang kita inginkan, atau data ini bisa saja salah dan lain sebagainya, analisa terhadap data yang sudah kita kumpulkan ini sangat penting untuk dilakukan karena jika tidak maka bisa saja terjadi kesalahan. dalam informasi.

6 Kesimpulan dan Pelaporan

Setelah selesai mengumpulkan dan menganalisis informasi selanjutnya kita perlu membuat kesimpulan dari semua informasi yang kita peroleh, kemudian membuat laporan dan menceritakan tentang hasil informasi yang kita peroleh kepada yang bersangkutan, untuk diselidiki lebih lanjut, atau dapat cross check lagi oleh anggota tim yang lain untuk mendapatkan persetujuan dan pendapat yang sama.